Partisipasi Wali Murid SMP N3 Lais Sukseskan UNBK Patut Diapresiasi

1.943 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, MUBA- Partisipasi dari kalangan wali murid Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 kecamatan Lais yang mensupport pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 ini patut diapresiasi. Langkah tersebut merupakan wujud dari usaha bersama dalam memajukan pendidikan khususnya di kecamatan Lais kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Usaha yang dilakukan oleh orang tua/wali murid bersama komite sekolah untuk memenuhi kebutuhan penunjang perangkat komputer untuk pelaksanaan UNBK, merupakan bagian dari partisipasi publik untuk mendorong kemajuan di dunia pendidikan.

Menurut koordinator komite SMP Negeri 3 Lais Armedi, keterlibatan bersama tersebut menandakan bahwa masyarakat juga menilai pelaksanaan UNBK merupakan terobosan peningkatan kualitas dan sistem pendidikan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. ‘’Kepedulian orang tua menunjukkan dukungan masyarakat pada dunia pendidikan agar kian bermutu,’’ jelasnya, (5/12/18).

Dengan adanya partisipasi dari masyarakat, khususnya kalangan orang tua/wali murid yang sedemikian rupa, harus ditanggapi dengan baik. Karena menurutnya, tanpa adanya campur tangan masyarakat, kemajuan pendidikan tidak akan bisa dicapai dengan cepat, tandasnya.

Sementara kepala sekolah SMPN3 Lais Mardiana MPd menyampaikan, bahwa partisipasi masyarakat demi keberhasilan pelaksanaan UNBK juga patut diapresiasi.

Jumlah siswa kelas 9 di SMP N3 Lais sebanyak 169 orang. Oleh karena itu pihaknya akan membagi jadi 3 termin. Satu termin menampung kurang lebih 60 siswa, sementara komputer yang tersedia sebanyak 30 unit, maka kekuranganya telah disepakati dengan wali murid kategori mampu dan memiliki laptop sendiri untuk membawa saat pelaksanaan UNBK.

Lebih lanjut menurutnya, kepedulian wali siswa yang digawangi oleh komite kelas dan koordinator komite, sebagai salah satu dukungan untuk kemajuan dunia pendidikan. “Dana yang terkumpul mungkin tidak cukup bila digunakan untuk membeli komputer, namun untuk terlaksananya UNBK Insya Allah siap, ” jelasnya.

Selain itu, Mardiana MPd juga menjelaskan belum adanya ruangan khusus untuk UNBK, maka untuk sementara ruang guru akan dialih fungsikan menjadi ruangan untuk melaksanakan UNBK. “Segala atribut sudah disiapkan, tehnikal juga kami siapkan”. Ujarnya menutup pembicaraan.

Bagaimana Menurut Anda?