UKBI Disosialisasikan ke Berbagai Kalangan di Sumsel

10.642 dilihat

BUANAINDONESIA, PALEMBANG- Dalam rangka menyebarluaskan informasi mengenai Uji Kemahiran Bahasa Indonesua (UKBI) Adaptif Merdeka, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Badan Bahasa, Kemendikbudristek) menggelar “Diseminasi Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Pemangku Kepentingan di Provinsi Sumatra Selatan” dilaksanakan tanggal 18-19 Mei 2023 di Wyndam Hotel.

Koordinator KKLP UKBI Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Dr. Atikah Solihah, M.Pd mengatakan kegiatan ini diikuti oleh berbagai pemangku kepentingan, dari berbagai kalangan seperti dari Perguruan Tinggi, Dinas Pendidikan, Asosiasi Profesi, Sekolah dan Media Massa.

Advertisement

“Harapannya bagi seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa melaksanakan tes UKBI di instansinya masing-masing, yang ditandai dengan penandatanganan komitmen/ kesepakatan bersama”Ujarnya.

Masih kata Atikah, kegitan ini juga menjadi upaya agar UKBI Adaptif Merdeka bisa dimanfaatkan diberbagai lapisan masyarakat untuk mengukur kemahiran dalam berbahasa, yang bisa menunjang pekerjaan di bidangnya masing-masing.

“Saat ini tes UKBI bisa dilakukan secara online, dari rumah, sekolah, kampus, cafe dari manapun dengan menyiapkan perangkat computer/ laptop dan jaringan internet,” Tambahnya.

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan, Karyono, S.Pd.,M.Hum, kegiatan diseminasi ini dilakukan di 4 kota yakni Sumatra Selatan, Manado, Bali, dan Jawa Barat.

“Alhamdullilah Sumsel terpilih menjadi salah satu yang menyelenggarakan kegiatan ini dan diharapkan dapat meningkatkan jumlah peserta yang mengikuti tes UKBI kedepannya “Ujarnya.

Karyono menambahkan pihaknya juga terus menjalin komunikasi dengan berbagai pihak seperti Perguruan Tinggi, Sekolah, Instansi Pemerintah untuk menjalakan tes UKBI Adaptif tersebut, sehingga bisa mengukur kemampuan berbahasa Indonesia di semua lapisan masyarakat di Sumsel. (Ridho)

Advertisement