Harnojoyo : Keberhasilan Program Kesehatan Jika Angka Harapan Hidup Tinggi

680 dilihat
Walikota Palembang H Harnojoyo saat menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55, di RSUD Gandus, Senin 25 November 2019. Foto : Yanti

BUANAINDONESIA. CO. ID, Palembang- Walikota Palembang H Harnojoyo menyatakan angka harapan hidup di Palembang sudah mencapai 70,9 tahun. Suatu daerah atau negara berhasil mengelola kesehatannya adalah dengan tingginya angka harapan hidup, hal itu disampaikannya saat menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55, di RSUD Gandus, Senin 25 November 2019.

Orang nomor satu di Kota Palembang mengatakan,   di negara  Jepang yang baik mengelola kesehatan berbeda 10 tahun, atau sudah mencapai 80 tahun. Agar angka harapan hidup akan menjadi tinggi kalau masyarakatnya sehat.

“Agar menjadi sehat maka sangat  tergantung bagaimana perilaku kebersihan kita, baik kebersihan lingkungan maupun kebersihan makanan,” ujarnya.

Dijelaskan, yang menarik perhatiannya saat ada kejadian banjir di negara Jepang. Saat banjir airnya bersih seperti air kolam renang, berbeda dengan kejadian di Palembang atau bagian lain daerah di Indonesia, kalau ada banjir atau genangan maka ada endapan lumpur.

“Angka harapan hidup di Jepang lebih baik, karena lingkungan bersih. Jadi saya berpendapat air sangat penting untuk kesehatan. Maka saya ajak masyarakat untuk menjaga lingkungan dan air,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Harnojoyo berharap di hari kesehatan nasional ini bukan hanya sekedar peringatan nya saja, tetapi bagaimana perilaku menjaga kebersihan lingkungan dan makanan.

“Kita harus menjaga kelestarian air.  itulah maka saya mengajak gotong royong setiap hari Minggu,”  (Yanti)