Disperindag Sumsel Minta Masyarakat Jangan Beli Produk Tak Ber-SNI

1.904 dilihat
Plt Disperindag Sumsel, H. Yustinus didampingi stafnya gelar ekspose.Senin 17 September 2019.

BUANAINDONESIA.CO.ID, SUMSEL- Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H. Yustinus. akan memberikan sanksi penyitaan beberapa barang impor yang dijual pusat perbelanjaan di Sumsel.

Penyitaan dilakukan menyusul inspeksi mendadak (Sidak) barang elektronik luar yang tak ber Standar Nasional Indonesia (SNI)  yang masih dijual

“Kita sudah melakukan razia ke mall dan pasar untuk  mencari barang elektronik,  serta  mainan anak-anak  yang tidak standar, serta produk makanan,”kata Yustinus. Senin 17 September 2019 di Disperindag Sumsel, Jalan Lebar Daun Palembang.

Ditegaskan, Dispeindag Sumsel akan bersikap tegas terhadap pelaku usaha yang menjual produk-produk yang tidak ber-SNI.

Yustinus minta  kepada masyarakat, jangan beli produk yang tidak ber-SNI.  Selain itu juga berharap untuk  berperan  aktif  melaporkan bila ada produk yang tidak sesuai dengan ketentuan.

“Terkait SNI tulisan SNI memang meragukan tetapi secara kasat mata tidak terlihat. Harus diuji lab terlebih dahulu, Walaupun murah jangan dibeli kalau tidak ada logo SNI,”ujarnya.

Dikatakan juga, “Kami akan terus mengawasi, khususnya produk non pangan yang berpotensi menimbulkan ancaman terhadap keamanan, keselamatan, kesehatan konsumen, dan lingkungan. Hal ini juga memberikan edukasi, kepada konsumen maupun pelaku usaha  agar tercipta iklim yang sehat dalam persaingan usaha,”pungkasnya.