DPRD Sumsel Dapil III Reses Tahap III

5.717 dibaca

Reses Tahap III tahun 2018 ini,  anggota DPRD Sumsel asal daerah pemilihan III mengunjungi warga di beberapa Kecamatan di wilayah Kabupaten OKI dan OI.  Di Kabupaten OI pertemuan di Desa Sukaraja Baru Inderalaya Selatan dan Desa Tanjung Seteko. Reses Tahap III, tanggal 10 – 15 Desember 2018

Reses anggota DPRD Sumsel dapil III yang terdiri dari   H Surip Januarto, SS, MM bertindak sebagai koordinator serta anggota Drs H Elianuddin HB; MA Gantada, SH, MHum; HA Rozak Amin, SH; Hj Riwi, SPd; H Ali Imron Bayin, SE, MSi; Ike Mayasari, SH ; Drs Ramlan Holdan,  Lindawati Alikonang, Rusdi Tahar, SE, Askweni SPD  dan Agustina, SH

Mulai dengan melakukan dialog dengan sejumlah warga, perangkat desa,  tokoh masyarakat yang ada di beberapa desa dan dipusatkan di Desa Sukaraja Baru Inderalaya Selatan.
Disini warga mempertanyakan beberapa program yang pernah mereka usulkan beberapa waktu lalu.

“Jadi kami disini masih menagih aspirasi kami sebelumnya yakni normalisasi anak sungai yang membelah desa Sukaraja Baru yang sekarang sudah kering akibat sampah dan normalisasi sungai yang tidak maksimal. Selain itu kami juga minta perbaikan poskesdes,” Kata Fauzi Romzi saat reses DPRD Sumsel dapil III.

Sedangkan warga lainnya menanyakan peran pemerintah soal naiknya harga sembako setiap jelang hari hari besar. Karena ini berlangsung tiap tahun harusnya sudah diantisipasi sejak lama.

Sementara harga komoditi pertanian terus anjlok.  Selain itu warga juga minta dana untuk seragam dan peningkatan kualitas anggota karang taruna.

Menanggapi aspirasi ini, Elianuddin, anggota DPRD Partai NasDem mengatakan, naiknya harga sembako itu bukan kesalahan pemerintah. Karena pemerintah tidak ada wewenang untuk terlalu mencampuri harga dia pasaran. Namun pemerintah bisa menugaskan bulog untuk mengontrol harga dipasaran.  Pada kesempatan yang sama politisi Partai NasDem ini juga mengatakan kalau tahun 2019 Kabupaten OI mendapatkan alokasi anggaran yang lebih besar dari sebelumnya.

Sedangkan anggota Dapil III lainnya,Ike Mayasari mengatakan, untuk karang taruna pihaknya akan membantu alat cek kesehatan seperti kadar gula, kolesterol dan asam urat. Sedangkan untuk puskesmas desa nanti akan disampaikan ke Pemkab untuk menindaklanjutinya, karena itu wewenang mereka.

Selanjutnya rombongan Dapil IIII melakukan dialog dengan tokoh masyarakat, perangkat desa dan masyarakat yang ada di Desa Tanjung Seteko.

Disini warga minta bantuan dana untuk penyelesaian masjid yang selama ini sudah dibangun dari wakaf masyarakat. Sedangkan di Dusun IV warga minta perbaikan jalan yang sampai saat ini masih putus. Di tempat yang sama Fauzi Romzi dari dusun III mengusulkan pemekaran desa Tanjung Seteko karena desa ini wilayahnya besar dan terpencar pencar.
Menanggapi aspirasi ini anggota Dapil III Ali Imron Bayin mengatakan pihaknya akan memperjuangkannya.  Karena menurutnya dengan dilakukannya pemekaran makan pembangunan akan lebih cepat terlaksana.

“Semakin banyak desa maka semakin banyak anggran yang mengalir, baik dari pusat maupun daerah. Nanti kita akan berjuang sama sama, ” Katanya.

Sementara itu, Ketua Koordinator Reses Tahap III, Surip Januarto – Partai Demokrat,  meminta agar semua usulan dibuat proposal agar bisa diperjuangkan.

“Silahkan Warga mengajukan Proposal agar permintaannya tersebut dibahas di dewan untuk diperjuangkan,” (ADV)