Harnojoyo Ajak Kader Lingkungan Sehat (LKS) Jaga Kebersihan Kota Palembang

799 dilihat
Walikota Palembang H Harnojoyo saat menghadiri Pelantikan Kader Lingkungan Sehat sekaligus Fokus Grup Discustion (FGD) dan Biopri Action Real Kota Palembang di Hotel Beston, Rabu 27 November 2019. Foto : Humas Pemkot

BUANAINDONESIA. CO. ID,  Palembang- Walikota Palembang H Harnojoyo mengajak seluruh elemen masyarakat terutama Kader Lingkungan Sehat (LKS)  untuk menjaga kebersihan Kota Palembang.

Hal tersebut diungkapkan Harnojoyo saat menghadiri Pelantikan Kader Lingkungan Sehat sekaligus Fokus Grup Discustion (FGD)  dan Biopri Action Real Kota Palembang di Hotel Beston, Rabu 27 November 2019.

Harnojoyo mengatakan,  program gotong royong yang dilaksanakan setiap Minggu sudh memberikan dampak yang baik bagi lingkungan.  Tapi itu tidak cukup sampai disini, karena harus didukung dengan kegiatan lain. “Mari kita bersama sama,  termasuk Kader Lingkungan Sehat menjaga kebersihan Kota Palembang, ” ujarnya.

Harnojoyo mengunkapkan, sebelum kemerdekaan sungai sungai di Palembang berjumlah 371. Namun belum 100 tahun merdeka tinggal 97 sungai hal itu karena perilaku salah manusia.

“Topografi kota Palembang 53 persennya air. Tapi  tempat itu ditimbun dan tertutup sampah. Sehingga air yang tadinya ada disitu akan menggenang menjadi banjir,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut,  Harnojoyo mengapresiasi Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Pera KP) yang menginisiasi gerakan membuat sejuta Biopori.

“Saya ingin pembuatan biopori lebih banyak difokuskan pada daerah-daerah banjir sehingga air di sana dapat terserap. Dengan adanya biopori di daerahnya masyarakat dapat merasakan manfaatnya, ” bebernya.

“Jadi semua pihak harus terlibat, mulai dari Dinas Pera KP sebagai inisiatornya, Camat, Lurah sampai ke tingkat RT. Tanpa dukungan semua mustahil sejuta biopori akan terwujud. Kita harus sadar akan lingkungan, masyarakat juga harus berperan,” pungkasnya.  (Yanti)