Anies Baswedan : Jakarta Butuh Suplai Dari Daerah Lain

6.202 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, BANDUNG- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menandatangani MoU kerjasama dengan beberapa provinsi untuk  mensuplai kebutuhan Jakarta, dari mulai pertanian, peternakan, sampai perkebunan yang bisa dimanfaatkan, Kamis, 22 Februari 2018.

Advertisement

Rapat kerja nasional APPSI (Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia) diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat, sejak Rabu, 21 Februari 2018 hingga Kamis 23 Februari 2018, dengan mengusung tema “Kerjasama Perdagangan Antar Daerah untuk Penguatan Ekonomi Nasional.”

Menurut Anies, kerjasama antar daerah bagi Ibukota Jakarta sangatlah penting, karena begitu banyak kebutuhan warga Jakarta yang dapat disuplai dari daerah-daerah lain dari seluruh Indonesia. Hal tersebut merupakan tren dunia, dimana semakin banyak penduduk tinggal di kota semakin banyak memerlukan tunjangan dari berbagai daerah, terutama daerah urban.

“Kerjasama antar daerah menjadi penting, sehingga kita tidak perlu mendatangkan produk-produk dari luar. Tapi ini mensyaratkan adanya efisiensi, karena biaya kirim dari berbagai wilayah ke Jakarta, dibandingkan biaya kirim dari beberapa ibukota negara tetangga,” jelas Anies.

Anies menambahkan, karena hal itu penting sekali kerjasama antar provinsi, sehingga dapat memulai peningkatan volume perdagangan, sehingga jika volume meningkat, maka penyiapan infrastrukturnya jauh lebih murah.

Editor: NA