Bupati Garut Membuka Launching Vaksinasi Covid 19 kabupaten Garut

2.941 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Hari ini, Senin 1 Februari 2021 di beberapa Puskesmas yang ditunjuk Pemerintah Kabupaten Garut serentak melaksanakan Vaksinasi Covid 19, pelaksanaan ditandai dengan gelaran Launching Vaksinasi Covid 19 yang diselenggarakan di gedung Pendopo Garut dengan prosesi protokol kesehatan yang sangat ketat.

Launching Vaksinasi Covid 19 di kabupaten Garut dihadiri jajaran Tim Gugus Tugas Covid 19, para tenaga medis dan undangan.

Advertisement

Ketua Tim Gugus Tugas Covid 19 H Rudy Gunawan mengatakan, pelaksanaan vaksinasi ini merupakan upaya pemerintah dalam menanggulangi wabah Covid 19 yang terjadi saat ini.

” Alhamdulillah kabupaten Garut menyelenggarakan program nasional berupa vaksinasi Covid 19 hari ini” kata ketua Gugus Tugas yang juga¬† Bupati Garut.

Disampaikan Rudy Gunawan, sebelumnya pimpinan daerah telah melaksanakan briffing langsung dengan Menko Kemaritiman dan Investasi, Kemendagri, Kemenkes, Panglima TNI, Kapolri dan Jaksa Agung mengenai protokol kesehatan dari mulai pendisiplinan sampai dengan Vaksinasi ini.

” Tentunya kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan dan Tim Dokter RSUD dr Slamet serta 400 Vaksinator yang akan berapa di 421 desa, 21 kelurahan yang ada di kabupaten Garut, ini bentuk ikhtiar kita di kabupaten Garut, harus dilaksanakan dengan sungguh – sungguh, efektif serta efisien dan kami Insya Allah akan mengeluarkan segala daya upaya sesuai peraturan yang berlaku dan Pemkab Garut mendukung penuh bersama TNI / Polri dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan penanganan Covid 19, dari penegakan hukum, pendisiplinan sampai dengan vaksinasi” tutur Rudy,

Sementara itu dari keterangan ketua tim vaksinator kabupaten Garut Yanti Widayanti mengatakan, sebelum melakukan vaksin terhadap seseorang, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh penerima vaksin.

” Ada 16 persyaratan yang harus terpenuhi bagi seseorang yang akan menerima vaksin, jadi apabila ada persyaratan yang tidak terpenuhi maka kami tidak bisa melaksanakan vaksinasi terhadap orang tersebut” terang Yanti Widayanti.

Untuk saat ini sambung Yanti, 4 anggota dari Tim Gugus tugas belum bisa diloloskan untuk mendapatkan vaksinasi Covid 19 tahap pertama dikarenakan adanya persyaratan yang tidak terpenuhi dari 16 item persyaratan penerima vaksinasi Covid 19.

” Jadi tadi Bapak Bupati, Dandim 0611/ Garut, ketua DPRD Garut dan Kapolres Garut tidak bisa lolos menerima Vaksin covid 19 karena ada yang tidak terpenuhi, untuk ketua DPRD kita tunda karena sesuai arahan penerima vaksin yaitu mereka yang berusia 18 sampai 59 tahun” pungkasnya.