Bupati Garut Menutup Secara Resmi Musrembang RKPD Kabupaten Tahun Anggaran 2021

11.305 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Bupati Garut H Rudy Gunawan menutup Musyawarah perencanaan Pembangunan ( Musrembang ) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah ( RKPD ) kabupaten Garut 2021 di gedung pendopo Garut, Kamis 12 Maret 2020.

Hadir dalam rapat tersebut Wakil Dirjen Kementerian Dalam Negeri, Inspektorat Provinsi Jawa Barat, Wakil Bupati Garut H Helmi Budiman, Kepala DPRD Garut Euis Ida, Sekda Garut H Deni Suherlan, Kapolres Garut AKBP.Dede Yudy Ferdiansah, Dandim 0611/Garut Letkol Inf Erwin Agung TWA, Kejari Garut Sugeng Heriadi, Ketua PN H Hasanudin, Kemenag Garut H Undang Munawar, Kepala BPN Garut Hayu Susilo, kepala SKPD, Camat, Ormas, LSM dan tamu undangan lainnya.

Advertisement

Dalam sambutan penutupannya Bupati Garut mengatakan, kita semua patut bersyukur kepada Allah SWT karena setelah hasil perjalanan panjang lebih dari 2 bulan dalam penentuan akhir Penyusunan RKPD tahun anggaran 2021.

” Ini adalah hari akhir kita melaksanakan proses yang berlangsung lebih dari 2 bulan, mulai dari Musrembang desa, kecamatan sampai dengan hari ini kita akan mengakhiri proses perencanaan pembangunan kabupaten Garut 2021″ kata Bupati Garut.

Dikatakan Bupati, seperti yang telah kita dengarkan bersama dari Kemendagri dan inspektur provinsi Jawa Barat Bahwa Garut masih tertinggal.

” Karena memang sejak tahun 2000 awal kabupaten Garut dinyatakan daerah tertinggal, dan dampaknya hingga saat ini. Garut IPM ke 24 dari 27 meski laju ekonomi kita di atas rata – rata nasional, angka kemiskinan kita 2014 12,40%, sekarang kita mengalahkan rata – rata nasional, tetapi miskinnya di atas rata – rata provinsi Jabar” paparnya.

Untuk itu sambungnya, pihak nya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk mengejar ketertinggalan bersama – sama. Sementara itu dari fungsi – fungsi pemerintahan, kabupaten Garut sudah memiliki satu kebanggaan, diantaranya SAKIP yang mengukur efektif dan efesiennya pelaksanaan pembangunan dari APBD, Pemkab Garut memiliki prestasi terbaik se provinsi Jabar, laporan pemerintahan dalam negeri Garut juga juara di tingkat Jabar.

” Apalagi tahun ini kabupaten Garut dinyatakan sebagai juara penerima penghargaan pembangunan daerah terbaik se Jabar dan masuk ke posisi 6 besar nasional. Dari sisi penghargaan dan dalam bentuk hadiah DID kami paling tinggi, WTP 4 kali berturut – turut, MCP KPK kami no 2 se provinsi Jabar, kami tinggal mengsertipikatkan aset daerah, kalau sertipikat aset ini telah selesai Garut akan menjadi No 1 ” terangnya.

Terakhir terkait tranparansi publik, b Bupati menerangkan bahwa Garut telah melaksanakan Permendagri No 90, Pemkab Garut telah terkoneksi Sistem Informasi Perencanaan Daerah ( SIPD ) dengan Kemendagri.

” Kami tinggal mengkoneksikan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah, mungkin akhir bulan ini akan kami paksakan terkoneksi dengan Kemenkeu, jadi semua akan transparan, jadi Kemendagri minta apa tinggal klik, Kejaksaan, Polres , KPK, BPKP dan BPK RI tinggal klik. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua stakeholder yang ada di kabupaten Garut” pungkasnya.