Diperingatan Hari Kemerdekaan Ke 74, Bupati Garut Melakukan Pemancangan Bambu Runcing Di Makam Pahlawan 45

2.618 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Bupati Garut H Rudy Gunawan melaksanakan Upacara Pemancangan Bambu Runcing dan Bendera Merah Putih di salah satu Pusaran Makam Pahlawan Kemerdekaan Hj Dewi Kuraesin yang berada di Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut. Dalam kegiatan itu Bupati juga sekaligus memberikan gelar nama Nyimas kepada pejuang Kemerdekaan Hj Dewi Kuraesin, Bahkan Bupati berjanji akan membangun lokasi jalan yang menuju Pemakaman dan seputarannya.

” Atas nama Pemerintah Kabupaten Garut dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, memohon maap kepada pihak keluarga, anak cucunya Nyimas Dewi Kuraesin, atas jasa-jasanya almarhum yang sudah berjuang dimasa penjajahan sebagai menyediakan dapur-dapur umum dan posko-posko kesehatan serta logistik perang, tentunya menjadi seorang pahlawan bukan saja yang mengangkat senjata saja”, ungkap Bupati diawal sambutannya, Kamis 15 Agustus 2019.

Masih kata Bupati, tentunya bukan saja menyediakan dapur umum sudah tentu ikut juga mengangkat Senjata untuk merebut Kemerdekaan, maka dengan jasa beliau almarhumah Nyimas Dewi Kuraesin, pantas diberikan gelar sebagai Pahlawan di Kabupaten Garut.

” Almarhumah Nyimas Dewi Kuraesin ini kami nyatakan sebagai pahlawan di Kabupaten Garut, tentunya ini atas pertimbangan dan pendapat para pejuang dulu, bagaimana peran Almarhumah ini ketika merebut kemerdekaan di tanah Garut ini, selain perempuan yang berjiwa patriot, beliau juga seorang perempuan yang tangguh, gigih dalam berjuang merebut kemerdekaan, maka di rangkaian HUT RI Ke-74 ini kami tancapkan Bambu Runcing dan Bendera Merah Putih di Pusaran Almarhumah, ini adalah suatu penghargaan bagi para pahlawan kemerdekaan” papar Bupati Garut.

Sambung Bupati Garut. Selain kami tancapkan Bendera merah Putih di pusarannya, almarhumah juga kami berikan gelar Nyimas, ini adalah bentuk penghormatan kepada beliau, Nyimas itu aryinya orang yang mulia dan baik dalam prilaku dimasa hidupnya, juga seorang perempuan yang berani.

” Semoga sosok Nyimas Dewi Kuraesin ini menjadi panutan dan publik figur bagi masyarakat Garut, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Garut mohon maap kepada anak cucu keluarga besar Nyimas Dewi Kuraesin, kalau selama ini Pemerintah kurang perhatian. Sengaja diacara kali ini saya bawa Sekda beserta para Asda dan OPD, ini untuk menujukan bahwa Pemerintah Kabupaten Garut akan memelihara tempat ini, jalan akan kita bangun dan di areal Lokasi pemakaman ini akan kami bangun sebagai taman Makam Pahlawan Nyimas Dewi Kuraesin” ungkapnya

Hadir dalam acara tersebut Sekertaris Daerah (Sekda), para Asisten Daerah (Asda) para Satuan Kepala  Perangkat Daerah ( SKPD ) Kabupaten Garut, serta Pepabri, Veteran dan Ormas serta Organisasi Vertikal di kabupaten Garut.