Existensi dan Peran Pramuka Dalam Pembangunan

2.754 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, SUMEDANG – Gerakan Pramuka sedikit banyak telah memberikan andil yang cukup besar dalam pembangunan terutama dalam menyiapkan kader bangsa yang berkualitas dan berkarakter. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan saat membuka perkemahan Jambore Ranting (JAMRAN) Kecamatan Sumedang Selatan yang berlangsung di Makodim 0610 Sumedang, Jum’at 13 September 2019.

” Gerakan Pramuka dimanapun berada memiliki kedudukan yang sangat penting dan strategis dalam penyelenggaraan pembangunan sehingga keberadaannya perlu kita dukung bersama,” ujar Erwan.

Wakil Bupati Sumedang Erwan setiawan yang juga selaku Ketua Kwarcab (Kwartir Cabang) Pramuka mengatakan, eksistensi dan peran aktif pramuka dalam pembangunan dapat dirasakan melalui penyelenggaraan kegiatan positif yang dilaksanakan anggota pramuka.

Terkait hal itu, ia pun memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaran Jambore Ranting. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kemandirian, kepemimpinan dan mengembangkan kreatifitas para peserta.

” Saya menyambut gembira dan mengucapkan terimakasih kepada Dandim 0610 yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Mudah-mudahan dapat berjalan dengan lancar sampai penutupan nanti” tuturnya.

Arif Budiman selaku ketua pelaksana mengatakan, Jambore Ranting 2019 Sumedang Selatan merupakan kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan bersama pramuka penggalang.

Selain itu, Jambore ranting merupakan tugas kwartir ranting pramuka Sumedang Selatan sebagaimana amanat musyawarah ranting Sumedang Selatan.

“Jambore ranting diselenggarakan untuk menumbuhkan rasa kebangsaan yang berbhineka tunggal ika serta berupaya mewujudkan manusia Indonesia yang memiliki kualitas keimanan kepada tuhan yang maha esa dan teknologi serta berjiwa pancasila” jelas Arif

Jambore ranting dimulai dari tanggal 13 september sampai 15 September 2019 di Makodim 0610 Sumedang. Adapun tema kegiata yang diangkat pada Jambore Ranting 2019 tahun ini “Ceria berkarakter dan bertanggungjawab”.

Jambore ranting Kecamatan Sumedang Selatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut diikuti oleh 1004 peserta para pramuka penggalang dari tingkat SD dan SMP se-kecamatan Sumedang Selatan.