Ilham Permana Pimpin DPRD Kabupaten Bogor Setahun Kedepan

13.453 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, BOGOR – Pimpinan DPRD Kabupaten Bogor kini berganti posisi. Ketua DPRD Kabupaten Bogor kini dijabat Ilham Permana dari Partai Golkar menggantikan Ade Ruhandi alias Jaro Ade yang mengundurkan diri karena menjadi Calon Bupati Bogor.

Advertisement

Ilham Permana dilantik dalam sebuah prosesi Rapat Paripurna Istimewa Pergantian Antar Waktu (PAW) Sisa Masa Jabatan 2014-2019 DPRD Kabupaten Bogor, Senin 26 Maret 2018. Ia bersama dua wakil ketua yang baru bertugas untuk satu tahun ke depan.

Dua orang Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor yang baru juga dilantik bersamaan. Yaitu Muhammad Romli (PPP) sebagai Wakil Ketua I menggantikan Ade Munawaroh Yasin yang mengundurkan diri menjadi Calon Bupati Bogor dan M Rizky sebagai Wakil Ketua III (Gerindra) menggantikan Iwan Setiawan yang mengundurkan diri menjadi Calon Wakil Bupati Bogor. Sedangkan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Bogor, Saftariyani (PDIP) masih dalam posisi semula.

Rapat Paripurna Istimewa PAW Sisa Masa Jabatan 2014-2019 DPRD Kabupaten Bogor ini, dihadiri Menteri Perindustrian Perdagangan Airlangga Hartarto, Ketua Badan Anggaran DPR RI Aziz Syamsudin, Bupati Bogor Hj. Nurhayanti, Mantan Wakil Bupati Bogor Karyawan Faturahman, tiga mantan pimpinan DPRD, para Calon Bupati Bogor, Muspida, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Bogor, Kepala SKPD Pemkab Bogor, Camat, Kades/Lurah, pimpinan partai politik, ormas dan OKP, dan undangan.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Bogor, Nuradi, mengatakan, proses pemberhentian, pergantian, dan pelantikan pimpinan DPRD Kabupaten Bogor sudah sesuai prosedur dan mekanisme sesuai aturan yang berlaku. Yaitu sudah melewati berbagai usulan, rapat Badan Musyawarah DPRD, dan ditetapkan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Usai dilantik, Ilham Permana mengatakan, dirinya siap menjalankan fungsi, tugas, dan amanah untuk melanjutkan dan menyukseskan pembangunan sesuai harapan masyarakat Kabupaten Bogor dan mendukung segala kebijakan Bupati Bogor yang pro rakyat.

“Sesuai dengan tugas dan fungsi kami yakni legislasi, budgeting, dan controling, kami siap berinergi positif dengan Pemkab Bogor, berkoordinasi secara intens dengan Bupati Bogor dan jajaran agar memiliki pandangan dan persepsi yang sama mengenai pembangunan Kabupaten Bogor ke depan,” ungkapnya.

Disinggung fungsi controling selama pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Bogor, Ilham menegaskan bahwa DPRD siap menjaga demokrasi secara kondusif. “Kami yang berasal dari partai politik tentu kami akan mendukung salah satu calon kepala daerah tapi tentu dalam kapasitas kami sebagai kader partai politik. Dalam kapasitas sebagai wakil rakyat, kami akan menegakkan demokrasi, menjunjung netralitas, agar kontestasi Pilkada di Kabupaten Bogor berjalan dengan aman dan lancar sesuai yang diharapkan banyak pihak,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Bogor Hj. Nurhayanti mengatakan dengan telah dilaksanakannya sumpah janji dan telah terisi kembali para pimpinan DPRD tentunya tugas-tugas DPRD akan terselenggara sesuai target kinerja yang telah ditetapkan. “Kepada mantan Ketua DPRD Ade Ruhandi/Jaro Ade, mantan Wakil Ketua DPRD Ade Munawaroh Yasin, dan mantan Ketua DPRD Iwan Setiawan kami menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas sumbangsihnya atas penyelenggaran dan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Bogor,” ujarnya.