Mengunjungi Korban Longsor, Ini saran Bupati Garut Kepada Kades Caringin

3.423 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Selepas menerima Tim Penilai Lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ( BBGRM ) di desa Sindanggalih, Bupati Garut H Rudy Gunawan didampingi Camat Karangtengah Hj Eti Nurul Hayati mengunjungi korban longsor di kampung Legognagka RT 001 RW 006 desa Caringin kecamatan Karangtengah yang terjadi Jumat 12 April 2019 lalu yang mengakibatkan 1 rumah ambruk milik Ebah ( 65 ) dan satu terdampak.

Di lokasi longsor Bupati Garut mengatakan, turut prihatin atas musibah yang dialami keluarga korban, dirinya berjanji akan membangun kembali rumah yang ambruk bantuan yang akan diberikan Pemkab Garut melalui Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas ).

” Nanti saya akan koordinasi dengan Baznas Garut untuk membantu membangun rumah yang ambruk milik Bu Ebah”, janji Bupati Garut.

Selain itu lanjut Bupati, pemkab Garut akan memberikan bantuan melalui Kas desa untuk membuat Tanggul Penahan Tanah ( TPT ) di bekas lokasi longsor, hal ini diperlukan mengingat lokasi saat ini sangat membahayakan apabila tidak secepatnya dilakukan pencegahan dengan membuat TPT di bekas lokasi longsor.

” Karena kalau melihat kondisi sekarang di bekas lokasi longsor seperti ini, bahaya longsor akan terus terjadi, maka saya sarankan Kades membuat laporan secara tertulis kebutuhan untuk membuat TPT di bekas lokasi longsor, nanti Pemkab akan membantu anggarannya melalui Dana Taktis yang ada di Pemkab Garut, Kalau dibiarkan sangat membahayakan sekali ini” ujar Bupati Rudy Gunawan.

Dalam kunjungan itu Bupati Garut memberikan bantuan kepada 3 kepala keluarga korban longsor yang terima langsung oleh keluarga korban.