Noka Coffee Dedikasikan Menunya Untuk Para Petani Kopi Indonesia

4.318 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, BANDUNG – Saat ini Kopi sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat urban pada kota-kota Indonesia, tak terkecuali di Kota Bandung yang setiap sudut jalannya akan sangat mudah ditemukan kedai kopi kekinian. Tapi berapa banyak dari pada penikmat kopi mengenal petani yang membudidayakan dan memanen kopi?.

Mengusung tema the Infinite Story of Farmers, Noka Coffee hadir untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, berada di Jalan Bali No.15 Noka Coffee hadir mengajak para penikmat kopi untuk lebih dekat dan mengapresiasi petani yang menghasilkan biji kopi.

Advertisement

“Diawali dengan aneka kopi asal Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Sumatera. Ada empat petani yang kopinya diabadikan sebagai nama produk, Kopi Susu Pak Tumino (Kerinci), Kopi Susu Mas Sur (Kerinci), Kopi Susu Pak Agung (Sungai Penuh), Kopi Susu Mak Santi (Sungai Penuh),” kata Founder Noka Coffee, Panji Abdiandra, Rabu (18/3).

Bukan tanpa alasan nama – nama tersebut dipilih, karena Masing-masing kopi dari ladang para petani itu memiliki keunikan tersendiri, seperti kopi Pak Tumino yang di tanam di Kayu Aro di ketinggian 1600 mdpl tepat di kaki gunung api tertinggi aktif di Sumatera yaitu Gunung Kerinci.

“Kopi Pak Tumino pernah menjadi finalis di kontes kopi specialty Indonesia dan memiliki irii khas tersendiri, karena sangat didukung dari unsur hara tanah yang sangat baik karna berada di kaki gunung kerinci,” jelasnya.

Lalu ada juga Mak Santi. Petani perempuan ini berlokasi di Sungai Penuh, berjarak sekitar 45 km dari kebun Pak Tumino. Mak Santi memiliki satu proses kopi yang sangat diidolakan yaitu honey process, dan juga fine Robusta wash yang di tahun 2018 menjadi finalis kontes kopi specialty di Yogyakarta dan mendapat posisi runner-up.

“Pak Tumino, Mak Santi, dan para petani Kerinci ini sudah lama berkontribusi ke roda perekonomian daerah karena kualitas biji kopinya yang stabil hingga digemari pasar ekspor. Lalu saya berpikir, alangkah baiknya jika customer bisa mengenal mereka dan memberikan apresiasi,” ujar Panji.

Kedepannya Selain Kerinci, Noka juga akan mengangkat profil para petani kopi, teh, dan coklat dari berbagai daerah di Indonesia untuk mensuplai kedai Noka yang akan didirikan di Jakarta, Jambi, dan Tangerang Selatan dalam waktu dekat.

“Terakhir, kami juga tengah membuat sistem dimana pelanggan dapat memberikan tip untuk petani yang mereka gemari produknya, jadi bukan hanya barista yang kecipratan cuan,” tutup Panji.