Pemkab Garut Menerima Kunjungan Kerja Kabupaten Probolinggo

2.329 dibaca

BUANAINDONESIA.XO.ID, GARUT – Bertempat di Ballroom Hotel Santika Cipanas Tarogong Kaler kabupaten Garut, Selasa 16 Februari 2021, Bupati Garut H Rudy Gunawan didampingi Asda 2 , Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Sekertaris Dinas Pertanian dan Yosep peternak Lele asal kecamatan Leles menerima kunjungan kerja Bupati Probolinggo Hj Tantriani Sari beserta jajaran pejabat kabupaten Probolinggo dalam rangka kerjasama di bidang peternakan.

Bupati Garut menyampaikan, keinginannya untuk dapat hadir di probolinggo dalam upaya pengembangan budidaya Hultikultura.

Advertisement

” Kami ingin mengembangkan jaringan kultujaring memberikan kualitas yang baik bagi holtikultura, karena generatif Nol, Satu, Dua, Tiga dan Empat itu bisa menghasilkan Ubi Kentang sampai dengan 35 ton yang generasi Keempatnya” kata Bupati Garut.

Jadi sambungnya, Pemkab Garut akan datang ke probolinggo, selanjutnya mengundang petani yang ada agar supaya bisa melihat hasil budidaya menggunakan metode generatif yang baik dari pembibitan terutama Kentang.

” Selanjutnya kami juga menyampaikan bahwa di Garut juga selain daripada pertanian, kami juga memiliki beberapa kelompok ternak Domba. Apabila di lihat dari demografinya maka bagian dari gunung Bromo itu bisa ditanami rumput gajah atau rumput lain yang bisa dijadikan pakan utama daripada Domba Garut” paparnya.

Perlu disampaikan juga lanjut Bupati Rudy, jenis Domba Garut yang dimiliki di daerah kabupaten Garut bisa mencapai bobot lebih dari 100 Kg, dan sekarang sedang dikebangkan oleh bapak Menteri Koperasi Dan UKM Teten Masduki.

” Jadi kami telah mengawinkan antara Domba Garut dengan Domba Dorfer dari Australia, Jadi nanti saya akan kesana dan membawa bibit sebagai hadiah bagi ibu Bupati, sebagai persahabatan antara Pemkab Garut dan Pemkab Probolinggo” tuturnya.

Bupati Berharap, adanya kerjasama antar petani yang ada di dua kabupaten ini , kerjasama multi pemerintah daerah, karena Garut ingin mengembangkan bagaimana pertanian ini menjadi penghasil PDRB terbanyak.

” PDRB kami Rp 62 triliun 38 % dari sektor pertanian dan Kemarin Pemkab Garut mendapatkan penghargaan dari Kemendagri sebagai kabupaten yang memiliki kerjasama luar negeri yang telah memberikan sinergitas positif, kerjasama diantaranya dengan negara Jepang dan Korea” ucapnya.

Sementara itu Bupati Probolinggo Tantriani Sari mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten Garut yang memberikan sambutan luar biasa kepada rombongan dari Pemkab Probolinggo.

” Saya tidak menyangka malam hari ini disambut luar biasa secara pribadi, tentunya ini semoga menjadi silaturahmi yang membawa berkah dan kemanfaatan bagi kabupaten Garut dan Probolinggo, saya tidak menyangka bahwa Bupati Garut sudah beberapa kali ke Probolinggo, sementara saya baru pertama kali” ucap Tantriani Sari.

Masih kata Tantriani, terkait dengan pengembangan pertanian dan kelautan juga pemberdayaan masyarakat bisa ditindaklanjuti lebih jauh lagi.

” Perlu saya sampaikan kepada pak Bupati, bahwa kehadiran kami di sini hasil diskusi terkait dengan potensi Garut yang salah satunya adalah pakan mandiri yang diinisiasi dan didirikan oleh pak Yosep” ungkapnya.

Berkaitan dengan banyak rencana dan mimpi imbuhnya, ada tantangan bagi masyarakat Probolinggo untuk mengembangkan pakan mandiri yang salah satunya telah dikembangkan oleh pak Yosep.

” Tentu Doa kita bersama semoga silaturahmi malam hari ini dapat membawa lebih baik bagi kabupaten Probolinggo dan Garut, saya berharap sepulang dari sini kami mampu mendapatkan ilmu yang manfaat dan barokah untuk kami kedepan” pungkasnya.