Pemkab Garut Serahkan Bantuan Sepeda Motor Bagi Ketua MUI Desa

32.691 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Menciptakan masyarakat yang berakhlakul kharimah menjadi salah satu tugas Majelis Ulama Indonesia ( MUI ), mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi sampai pusat, tak terkecuali di kabupaten Garut, masyarakat yang berahlakul kharimah merupakan satu visi program Garut Bertaqwa, dimana peran ulama dibawah lembaga MUI sangat penting untuk mensyiarkan agama melalui Dakwah dan ceramah hingga kepelosok desa di kabupaten Garut.

Untuk menunjang gerak langkah MUI desa dalam melaksanakan tugas, kabupaten Garut saat ini telah menyalurkan bantuan satu unit sepeda motor untuk operasional para ketua MUI desa se kabupaten Garut, bantuan ini diberikan melalui anggaran Alokasi Dana Desa ( ADD ) triwulan keempat yang nilainya sebesar Rp. 16.582.900 dengan jenis kendaraan sepeda motor matic.

Advertisement

” Bantuan itu diberikan untuk operasional MUI desa untuk keperluan kegiatan keagamaan di desa – desa “, kata Bupati Garut H Rudy Gunawan, Rabu 2 Oktober 2019.

Dikatakan Bupati Garut, bantuan ini nantinya bisa digunakan oleh ketua MUI desa untuk kegiatan keagamaan di daerahnya.

” Diharapkan dengan dibantunya kendaraan operasional bagi ketua MUI desa ini, dapat memudahkan para ulama dalam kegiatan keagamaan di lingkungan masyarakat, serta terciptanya masyarakat yang ahlakul kharimah sesuai harapan kita dalam visi misi kabupaten Garut menuju Garut Bertaqwa, Maju dan Sejahtera” ungkap Bupati Garut.

Sementara itu Kasi pengelolaan Keuangan dan Aset Desa DPMD Garut Herna Sunarya menjelaskan, saat ini ada 325 yang sudah disalurkan bantuan untuk pengadaan kendaraan sepeda motor, sedangkan 76 desa sisinya akan diberikan pada triwulan pertama tahun anggaran 2020.

” Jenis motor yang diharuskan jenis matic dengan anggaran yang sudah disediakan sebesar Rp. 16.582.900, berflat merah, atas nama desa karena itu menjadi aset desa serta pajak dibebankan kepada dealer sepeda motor, jadi desa tidak boleh terbebani lagi” ujar Herna.

Masih kata Herna, pengadaan sepeda motor ini sudah sesuai dengan Perpub No 115 tahun 2019 tentang perubahan peraturan bupati No 2 tahun 2019 tentang tatacara pengalokasian dan penyaluran alokasi dana desa tahun 2019.

” Sosialisasinya itu sendiri telah kita laksanakan oleh bapak Bupati sejak penganggaran pada bulan Juli 2019″ terangnya.