Pengamat : Yesi Dan Gina Akan Mampu Tumbangkan Cellica Di Pilkada Karawang 2020

5.338 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID – Jika bergabung, Yesi Karya Lianti dan Gina Swara dianggap bisa mengganjal bupati karawang incumbent Cellica Nurachdiana dalam Pilkada Karawang 2020 mendatang.

Pengamat politik, Adiyana Slamet dari Unikom Bandung menyatakan, diprediksi jika Yesi dan Gina dipasangkan dan melawan Cellica, isu gender tidak lagi didominasi Cellica.

Advertisement

“Incumbent ( Cellica ) ini kan perempuan dan yang cuma bisa mengimbangi itu ya perempuan lagi. Ini dalam artian, jika Yesi dan Gina bersatu, isu gender ini tidak lagi didominasi Cellica, “ kata Adiyana.

Lanjut Adiyana, Karawang dikenal dengan basis partai nasionalis seperti PDI Perjuangan dan Gerindra . 2 partai ini diketahui masing – masing telah punya bakal calon perempuan yang cukup mumpuni. Tinggal mesin partai saja yang perlu dimaksimalkan.

“ Di Karawang ini kan sebenarnya basis pemilihnya nasionalis. Tinggal maksimalkan mesin partai nya,” tambah Adiyana.

Jika terjadi koalisi antara PDI Perjuangan ( mengusung Yesi) dan Gerindra ( mengusung Gina), kata Adiyana,  akan terjadi pertarungan head to head ( dua pasangan calon) di Pilkada Karawang. Pertarungan ini juga akan diprediksi sangat sengit.

” Kalau head to head ( antara pasangan Yesi dan Gina melawan Cellica ) akan menjadi pertarungan politik yang sangat sengit. Koalisi PDI Perjuangan dan Gerindra yang sedang dibangun pak Jokowi ditingkat nasional juga kan akan bisa dibangun di Karawang. Tidak ada yang tidak mungkin dalam politik. Peluang itu ada, ” pungkasnya.

Telah diberitakan, Yesi Karya Lianti resmi mendaftar ke PDI Perjuangan Jabar sebagai bakal calon bupati/wakil bupati Karawang. Tak berbeda dengan Yesi, anggota DPRD Jabar,  Gina Swara juga sedang menunggu sinyal DPP Gerindra untuk maju dalam kontestasi Pilkada Karawang 2020. Disisi lain,  bupati Karawang, Cellica Nurachdiana juga diisukan akan kembali maju bertarung dalam kontestasi Pilkada serentak tersebut.