Selidiki Kebocoran Soal USBN, DPRD Akan Bentuk Timsus

5.555 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah akan membentuk tim khusus untuk menginvestigasi terkait adanya temuan kebocoran soal dan jawaban dalam pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat Sekolah Menengah Atas sederajat tahun 2018.

Advertisement

Tim khusus tersebut nantinya akan mencari data dan fakta dilapangan kasus kebocoran soal jawaban USBN tersebut yang diduga dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab” kata Syamsul Bahri Ketua Komisi lima DPRD jabar di kantornya,senin 26 Maret 2018.

Sambungnya, Tim khusus yang dibentuk, selama semingggu kedepan mencari bukti –bukti untuk mengidentifikasi oknum dari terkait yang terlibat.

“Timsus akan mencari penyebab dan solusi terjadinya kasus kebocoran soal serta jawaban dalam pelaksanaan u-s-b-n 2018,timsus ini akan seminggu ke depan mengindentifikasi oknum yang terlibat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi mengemukakan akan menindak tegas oknum yang nakal dan menyiapkan tim khusus dari unsur Dinas pendidikan, para Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), Forum Aksi Guru Indonesia ( FAGI), serta dewan kehormatan sekolah.

“Kita akan cari tau fakta dilapangan dari timsus ini, semoga dapat terungkap oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut,” katanya.

Seperti diketahui, kasus kebocoran soal dan jawaban pada pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional 2018 ini mengemuka setelah banyaknya keluhan dari para pelajar peserta ujian. Selain itu,forum aksi guru indonesia pun menemukan fakta beredarnya kebocoran soal USBN dalam sebuah group media sosial yang mengatas namakan group peserta USBN jawa barat.