Viral, Sinergitas Pemkab Garut Dan TNI – Polri Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona Di Kabupaten Garut

12.648 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Dalam upaya meminimalisis dan pencegahan penyebaran Virus Corona di kabupaten Garut, Forkopimda Garut di pimpin langsung oleh Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansah beserta jajaran, Dandim 0611/Garut Letkol Inf Erwin Agung TWA beserta jajaran, Setda Garut H Deni Suherlan, Asda 1 H Nurdin Yana beserta jajaran SKPD, Dinas Kesehatan Garut, Jubir Informasi dan Kordinasi Covid-19 Ricky Rizky Darajat melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat kabupaten Garut yang baru tiba di kabupaten Garut. Minggu 22 Maret 2020.

Pelaksanaan pemeriksaan dilaksanakan di jalan baru Kadungora dengan cara memberhentikan kendaraan dari luar daerah yang baru tiba di kabupaten Garut.

Advertisement

Dari keterangan Asda 1 H Nurdin Yana, pemeriksaan kesehatan bagi warga masyarakat Garut maupun pendatang yang baru tiba di kabupaten Garut merupakan satu kebijakan dari Mupida kabupaten Garut bagaimana menyelesaikan permasalahan penyebaran virus Corona dalam upaya memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona di kabupaten Garut. Karena ini merupakan permasalahan nasional yang harus diselesaikan bersama antara pemerintah dan unsur TNI serta Polri maka kita berkomitmen untuk turun bersama – sama menyelesaikan masalah ini.

” Oleh karena itu saat ini diadakan kegiatan ini untuk melihat jangan sampai orang Garut yang pulang ke kampung halamannya atau orang luar yang datang ke Garut itu terindikasi penyakit virus Corona, maka langkah ini pemeriksaan kesehatan bagi kendaraan yang tiba di kabupaten Garut dilakukan” kata Nurdin Yana.

Masih kata Nurdin Yana, dengan sinergitas yang solid, dalam kegiatan ini kita berbagi tugas masing – masing, dimana Kapolres beserta jajaran bertugas untuk penyetopan kendaraan yang akan kita periksa, sementara dari pihak Pemkab Garut dengan bantuan Dinas Kesehatan melaksanakan pemeriksaan kesehatan mulai dari Supir, Kernet hingga penumpangnya, dan melalui TNI di bawah komando Dandim 0611/ Garut memberikan sosialisasi terkait pencegahan virus Corona.

” Semua penumpang kita periksa melalui alat pengukur suhu tubuh, Ketika kita menemukan penumpang dengan suhu tubuh di atas 37,5 Derajat Celcius, maka dinas kesehatan memeriksanya dan memberikan obat secara gratis serta di catat data dirinya, ini lah salah satu upaya Pemkab Garut dalam memberikan rasa tenang kepada masyarakat dan upaya meminimalisir penyebaran Virus Corona di kabupaten Garut” terang Nurdin Yana.

Sementara itu Kapolres Garut mengatakan, dalam kegiatan ini kita melaksanakan penyetopan semua kendaraan yang masuk di wilayah hukum Polres Garut, baik kendaraan pribadi, kendaraan barang dan kendaraan penumpang umum dengan menurunkan kurang lebih 150 personil terdiri dari Polres Garut, Kodim 0611/ Garut, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan serta BPBD Kabupaten Garut.

” yang paling terpenting saya menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berperilaku hidup sehat dan bersih, selalu mencuci tangan dan memeriksakan suhu tubuh, Polri siap mendukung kegiatan pemerintah dalam menghadapi persoalan ini” tegas Kapolres AKBP Dede Yudy Ferdinsah.

Hal yang sama disampaikan Dandim 0611/ Garut Letkol Inf Erwin Agung TWA, dalam upaya membantu pemerintah memininalisir pencegahan penyebaran virus Corona, pada dasarnya kita harus menyadari dan empati atas kejadian ini merupakan satu masalah kita bersama, untuk itu di mohon kesadaraannya baik diri sendiri, instansi dan masyarakat dalam menjaga kesehatannya masing – masing.

” Karena apabila kita mementingkan ego kita sendiri tanpa memperdulikan kesehatan orang lain, bukan saja membahayakan dirinya tetapi membahayakan personil/ masyarakat lainnya” papar Dandim.

Kemudian sambungnya, kami siap mendukung kegiatan ini baik personil, materil.

” Kami mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemkab Garut dan Polres Garut, diharapkan apapun yang diintruksikan atau aturan yang diterapkan pemerintah, himbauan kepada seluruh masyarakat kabupaten Garut untuk mengikuti, bukan untuk membuat kehidupan tidak nyaman, justru kami menyayangkan apabila harus banyak lagi yang kena virus Corona” harapnya.