Manfaat Membaca Surat Al-Kahfi

5.559 dilihat
Manfaat Membaca Surat Al-Kahfi
Surat Al-Kahfi

Manfaat membaca Surat Al-Kahfi

BUANAINDONESIA.CO.ID, Banyak rujukan yang mengisaratkan tentang beragam keutamaan atau beragam manfaat membaca Surat Al-Kahfi. baik di baca waktu hari Jum’at maupun hari-hari lainya.

Bahkan, mungkin karna memiliki keutamaan atau keistimewaan besar inilah sehingga Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan untuk membaca surat Al Kahfi disetiap hari Jum’at

Advertisement

Tonton : Cara meningkatkan Penghasilan ala dr Sigit Setyawadi Sp. OG

Daftar Disini  gratis

Dikutip dari berbagai sumber, bahwa setidaknya terdapat lima manfaat dari membaca surat Al Kahfi

Baca juga : Macam-macam Salat Sunah Dan Manfaatnya

1. Bermanfaat untuk Mendapat Kerberkahan

Tasulullah bersabda siapa pun yang membaca Surat Al-Kahfi, dapat mendekatkan diri kita pada rida Allah SWT. Dan mendapat cahaya keberkahan serta menghilangkan peyebab hati helisah.

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

2. Bermanfaat Medapat Penerangan Dihari Kiyamat

Diriwayatkan dalam sebuah hadis, Rasullulah SAW bersabda: “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat.”

Baca juga : Cara Mengerjakan Salat Tahiyatul Masjid

3.Bermanfaat Agar Dipancarkan Cahaya Untuk yang Menbaca.

sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Hadid ayat 12 yang berbunyi:

يَوْمَ تَرَى الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ يَسْعَى نُورُهُمْ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ

Artinya:

“Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka.” (Qs. Al-Hadid: 12)

Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id al-Khudri juga menyebutkan bahwa Rasullulah SAW bersabda:

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta disahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736

Baca : Bupati Garut Nantikan Kedatangan Wisatawan

4. Bermanfaat Agar Dijaga dari gangguan setan

Berdasarkan hadis oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, menyatakan bahwa sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Khafi dan surat Al-Baqarah, maka rumah itu tak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut.

5. Bermanfaat Agar Terhindar dari fitnah dajal

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

Selain itu, pernyataan tersebut juga diperkuat oleh hadis-hadis berikut ini:

“Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka dajal tidak bisa memudharatkannya.” (HR Dailami).

“Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman dajal), hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat Al-Kahfi.” (HR Muslim)

“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat Al-Kahfi, maka ia dilindungi dari dajal.” (HR Muslim)

“Barang siapa di antara kalian yang mendapatinya (dajal), hendaklah dia membacakan ayat-ayat pembuka surah Al-Kahfi kepadanya, karena bacaan itu melindungi kalian dari fitnahnya (dajal tersebut).” (HR. Abu Daud).

Advertisement