Pasta Gigi Caktadent Karya SMA Negeri 6 Palembang Raih Tim Favorit “Muda Berdaya”

1.411 dilihat
Gallang Abdi Persada, peserta program Muda Berdaya – SMA Negeri 6 Palembang. Minggu 29 September 2019 di hotel ALTs Palembang.

BUANAINDONESIA.CO.ID, SUMSEL- Program pendidikan kewirausahaan bernama “Muda Berdaya” mengantarkan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 6 Palembang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) raih tim terbaik dalam ajang penjaringan Wira Usaha Muda  yang diselenggarakan Shopee, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan.
Kegiatan Muda Berdaya di Palembang diadakan dihotel  the Alts Palembang, Jl. Rajawali Palembang. Minggu 29 September 2019.

Country Brand Manager Shopee, Rezki Yanuar mengatakan, dari setiap pendampingan yang diberikan Muda Berdaya ini, diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang siap bersaing, khususnya agar dapat menciptakan wirausaha yang berkelanjutan.

Dikatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat pengangguran menurun dari 5,50 persen di 2017 menjadi 5,34 persen pada Agustus 2018.

“Dari  67 peserta,  kita saring menjadi 20 peserta, kemudian dipilih tiga tim terbaik, melalui tahapan penilaian inspirasi, inkubasi dan apresiasi. Ide terbaik, kami berikan kepada tim Caktadent dengan ide usaha pasta gigi dari limbah rajungan dari SMAN 6 Palembang,” Ujar Rezki. Minggu (29/9).

Dilanjutkan, Kedua Tim TEFA Rumah Impian dengan ide usaha jasa pembuatan desain rumah dari SMKN 2 Palembang dan ketiga Tim DIMADA dengan ide usaha aksesoris dari sampah kertas majalah dari SMAN Sumatera Selatan.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Drs. Widodo MPd. mengatakan, “Muda Berdaya merupakan program yang sejalan dengan visi misi kami untuk meningkatkan kualitas anak didik kami, khususnya mereka yang masih duduk di bangku SMA/SMK sederajat.

Dikatakan, saya juga telah melihat langsung karya dari tim yang terlibat, dan mendengarkan progres dari masing-masing tim. Kami berharap, ilmu yang telah didapatkan di program ini bisa membantu mereka untuk mengimplementasikan bisnis yang akan mereka kembangkan dimasa mendatang.

“Pendampingan yang diberikan Muda Berdaya dapat menciptakan generasi muda yang siap bersaing, khususnya agar dapat menciptakan wirausaha,”ujarnya.

Sementara itu, Gallang Abdi Persada, peserta program Muda Berdaya – SMA Negeri 6 Palembang, menjelaskan keikutsertaan tim untuk menampilkan hasil karya sebuah produk Caktaden pasta gigi dari bahan alami.

“Bersyukur Caktadent, dapat Apresiasi, dan dapat tim terbaik,”kata Gallang, minggu (30/9)
Dijelaskan, Pasta Gigi Caktadent, terbuat dari komposisi cangkang rajungan dan minyak jelantah.

Awalnya kita melakukan penelitian komposisi Caktadent selama tiga bulan Maret-Juni 2019. Tak lama berselang, atau sekitar Juli 2019, produk ini sudah jadi.

“Dari penelitian kami, kandungan minyak jelantah memiliki asam lemak gliserin, yang sebelumnya melalui proses katalisasi dengan aquades,”jelasnya.

Dilanjutkan, untuk kandungan cangkang rajungan memiliki kalsium karbonat tertinggi di antara cangkang lainnya. Untuk saat ini, produk Caktadent sudah dijual dikoperasi sekolah dan dijual secara online.

“KIta pernah mau dipesan 1.000 kotak dari Kementerian Pertahanan, tapi karena tidak memiliki alat memadai, maka kami tidak bisa memenuhi,”