Petani Jagung Akan Dapat Bantuan Bibit, Libatkan GP Anshor

3.460 dibaca
Ir Ridwan, Kabid Pertanian tanaman pangan & hortikultura Dispertanak (Dinas pertanian dan peternakan) kota Bima
Ir Ridwan, Kabid Pertanian tanaman pangan & hortikultura Dispertanak (Dinas pertanian dan peternakan) kota Bima

BUAINDONESIA.CO ID – BIMA – Sebanyak 6000 hektar lahan petani jagung di Kota Bima NTB bakal mendapat bantuan bibit jagung dari pemerintah. “Petani-petani jagung yang terdata di dalam kelompok tani tentunya akan diberikan bantuan” kata Kabid Pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura Dispertanak Kota Bima, Ir. Ridwan, Kamis (07/09/2018).

Ridwan menambahkan, bantuan yang akan diberikan kepada Petani yang sudah terdata di CPCL, ” bantuan itu berupa bibit jagung serta Pupuk 50 kilogram per hektar”, sambungnya.

Dikatakannya, Bibit jagung bantuan akan dibagikan secara reguler, melibatkan pihak lain. yaitu GP. Anshor dan PBNU dan tetap dikawal oleh dinas pertanian Kota Bima.

Ia juga menerangkan, pihak GP Anshor akan membagi bibit jagung pada 2115 hektar dan pembagian regulernya pada 210 hektar dari total 6000 hektar luas lahan. “Sedangkan sisa lahan itu ditangani pembagiannya oleh PBNU,” ujar Ridwan.

Menurut Ridwan, pembagian bibit jagung maupun pupuk itu nantinya diberikan secara cuma-cuma dan tidak ada penarikan biaya apa-apa dari petani. Sayangnya, Ridwan belum bisa memastikan berapa ton jumlah bibit jagung yang akan didrop nanti. Tapi, Ridwan memastikan dua varietas jagung akan diberikan kepada petani. “Kita akan menurunkan bibit jagung varietas Bima20 dan Bisi2 kepada petani”. tandasnya.

Ridwan menghrapkan, bantuan bibit jagung yang diberikan nanti bisa ditanam dengan baik dan tidak disalahgunakan. “Kita harapkan agar petani tidak menyalahgunakan bantuan bibit yang diturunkan nanti”. harap Ridwan.