Desa Karang Raja Launching Aplikasi Layanan Masyarakat Online

1.904 dibaca
Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH saat melaunching aplikasi Karang RajaKu
Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH saat melaunching aplikasi Karang RajaKu

BUANAINDONESIA.CO.ID, MUARA ENIM – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan tuntutan kemajuan era digitalisasi, Pemerintah Desa Karang Raja Kecamatan Kota Muara Enim secara resmi meluncurkan (launching) aplikasi online pelayanan masyarakat Karang RajaKu, bertempat di Balai Desa Karang Raja, Rabu (08/01/2020).

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH secara resmi melaunching aplikasi online tersebut. Hadir juga pada kesempatan itu, Kepala Kominfo Ardian Arifanardi, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Emran Tabrani, Camat kota Muara Enim Asarli Manudi, manager CSR PTBA Hendri Mulyono serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH mengatakan, Pemerintah Kabupaten Muara Enim sangat mengapresiasi atas terobosan Desa Karang Raja dengan aplikasi Karang RajaKu ini.

“Aplikasi ini tentunya diharapkan mampu dimanfaatkan dan menjadi contoh bagi desa lainnya dalam mendorong kemajuan desa agar lebih baik dan mandiri untuk kesejahteraan desa,” ucap Juarsah.

Lanjut Juarsah, aplikasi Karang RajaKu ini, juga diharapkan dapat memberikan gagasan yang inovatif dalam pemanfaatan Dana Desa untuk pelayanan kepada masyarakat secara baik dan tepat.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Pemerintah Desa Karang Raja atas diluncurkannya aplikasi digital ini, semoga bisa menjadi inspirasi bagi desa lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Karang Raja Okta Vianty mengatakan, dengan di launchingnya aplikasi Karang RajaKu ini, tentunya dapat memudahkan masyarakat untuk membuat surat pengantar bersifat online seperti SKCK, akta kelahiran, akta kematian, urusan ke KUA yang bersifat pelayanan umum.

Nanti, terang Okta, datanya bisa diisi di rumah masing masing melalui Smartphone, dan tinggal dikirim melalui aplikasi Karang RajaKu, lalu tinggal mengambil print outnya saja di Kantor Desa.

“Dengan adanya aplikasi ini, juga untuk memudahkan masyarakat dalam mencari informasi perkembangan Dasa Karang Raja seperti kegiatan pembangunan, pemperdayaan desa. Sehingga terciptalah transparasi desa kepada masyarakat secara luas sesuai dengan Visi Misi Pemkab Muara Enim yakni Merakyat atau Muara Enim untuk rakyat,” pungkasnya

Bagaimana Menurut Anda?