ACGS 2019: XL Axiata Raih Peringkat 10 Besar di Indonesia

1.530 dibaca

BUANA INDONESIA.CO.ID, BANDUNG – XL Axiata berhasil meraih peringkat 10 besar di Indonesia pada ajang ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS) 2019. Pada kesempatan tersebut, BEI mengumumkan bahwa dari 100 Perusahaan Tercatat dengan kapitalisasi pasar terbesar di setiap negara ASEAN (Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam) pada tahun 2019, XL Axiata telah dinobatkan sebagai 10 besar Perusahaan Tercatat yang meraih peringkat ASEAN Asset Class tertinggi (nilai 97,5 ke atas) berdasarkan laporan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas hasil penilaian domestik implementasi ACGS 2019.

“Kami tidak akan bisa berhasil tanpa dukungan dan kontribusi serta kepercayaan dari Dewan Komisaris, Direksi dan Komite-Komite serta seluruh karyawan atas konsistensinya dalam menjalankan praktik Tata Kelola Perusahaan yang Baik secara terus menerus. Ke depan, akan menjadi tantangan bagi XL Axiata untuk terus berusaha mempertahankan dan meningkatkan praktik yang sudah berjalan dengan baik ini,” kata Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, dalam keterangannya, Kamis (11/06/2020).

Advertisement

Menurut Dian, keberhasilan ini tidak terlepas dari pengarahan dan asistensi yang diberikan OJK kepada XL Axiata sejak tahun 2015. OJK memandang XL Axiata sebagai salah satu perusahaan dari 100 Perusahaan Tercatat dengan kemajuan yang sangat signifikan dan cepat serta melihat potensi bahwa XL Axiata mampu bersaing dengan perusahaan tercatat lainnya.

Lebih dari empat tahun terakhir XL Axiata terus menerus mengidentifikasi area-area utama yang dapat diperbaiki dan dikembangkan agar sesuai dengan praktik Tata Kelola Perusahaan yang Baik.
Pada tahun sebelumnya, XL Axiata berhasil meraih peringkat 14 besar dari 100 perusahaan Indonesia untuk kategori domestik ACGS 2018. Tahun ini melalui peningkatan dalam berbagai aspek, XL Axiata mencatat prestasi yang lebih baik karena juga meraih nilai tertinggi dari seluruh operator telekomunikasi.

Selain itu, dalam peringkat 10 besar pemenang perusahaan publik tercatat hampir seluruhnya berasal dari industri perbankan.ACGS telah diluncurkan sejak 2009 dan diimplementasikan untuk semua Perusahaan Publik Tercatat di seluruh ASEAN melalui ASEAN Capital Market Forum (ACMF), yang merupakan kumpulan regulator pasar modal tingkat tinggi dari 10 yurisdiksi di ASEAN termasuk OJK. Inisiatif ini juga mendapatkan dukungan para Menteri Keuangan ASEAN untuk mempromosikan dan meningkatkan standar tata kelola negara-negara ASEAN.