Bupati Garut Menghadiri Pelantikan PPAT – S Se-Kabupaten Garut

5.066 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Bertempat di aula rapat Sekda Garut, Senin 4 Januari 2021, Bupati Garut H Rudy Gunawan menghadiri acara pelantikan Pejabat Pembuat Akte Tanah – Sementara ( PPAT-S ) se kabupaten Garut yang diselenggarakan oleh Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) Garut.

Hadir pula dalam acara Wakil Bupati Garut H Helmi Budiman, Pjs Setda Garut Benny Bahtiar, Kepala BPN Garut Nurul Solichin beserta para jajaran pejabat BPN dan para Camat yang di lantik.

Advertisement

Dalam sambutannya Bupati Garut menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Bapak Kepala Kantor Wilayah Pertanahan provinsi Jawa Barat yang telah mengeluarkan surat keputusan tentang pengangkatan PPAT-S di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut yang dijabat oleh para Camat yang saat ini akan di lantik, juga ucapan terima kasih kepada Bapak Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Garut beserta seluruh pejabat di lingkungan Kantor Pertanahan Kabupaten Garut yang telah melaksanakan kegiatan ini.

” Pelantikan PPAT-S ini adalah bagian dalam rangka melaksanakan fungsi pemerintahan secara tepat di daerah” ucap Bupati Garut.

Tentu sambung Bupati Rudy Gunawan, dihadapkan kepada suatu realita bahwa dalam undang-undang tentang Pertanahan setiap peralihan atas tanah harus dilaksanakan dihadapan pejabat yang berwenang, tidak boleh lagi dalam rangka memberikan kepastian hukum baik itu tanah milik adat mau pun tanah yang bersertifikat dilakukan di luar yang sudah ditentukan oleh Undang – Undang .

” Terutama tanah – tanah milik adat, kalau terjadi transaksi jual-beli terutama tanah-tanah wajib dilakukan di hadapan pejabat yang berwenang, tentu ini dalam rangka tertib administrasi. Apalagi komitmen bapak presiden RI tahun 2024 semua tanah di Republik Indonesia termasuk di Garut sudah harus bersertifikat” ungkap Rudy.

Bupati Rudy menerangkan, di kabupaten Garut saat ini baru terealisasi penyerpikatan tanah sebanyak 380 ribu sertipikat bidang tanah, sedangkan sesuai dengan perencanaan yang diharapkan sampai tahun 2024 sebanyak kurang lebih 1,2 juta sertipikat tanah, jadi masih ada 800 ribuan kekurangan dari target yang sudah direncanakan dan itu harus selesai pada tahun 2024.

” Oleh sebab itu, saya sudah berkordinasi dengan Kepala Pertanahan Garut untuk membuat langkah – langkah kongkrit dalam upaya meningkatkan penyertipikatan tanah yang ada di kabupaten Garut dengan kerjasama antara kantor Pertanahan Garut dengan para desa dan Pemerintah Kabupaten Garut. Kepada saudara – saudara yang di lantik hari ini saya ucapkan selamat menjalankan tugas PPAT, saya berpesan supaya memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa peralihan atas tanah harus dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku, dan yang kedua terkait pajak peralihan atas tanah, ini bagian penting dalam meningkatkan PAD tetapi dengan prinsip tidak memberatkan masyarakat” tuturnya.

Sementara itu Kepala BPN Garut Nurul Solichin menyampaikan, acara pelantikan hari ini diikuti oleh 18 Camat yang ada di kabupaten Garut.

” 18 camat ini merupakan para camat hasil mutasi dan rotasi yang dilakukan oleh Bupati Garut 6 bulan yang lalu” terang Nurul .

Ini nama – nama pejabat PPAT-S yang baru saja di lantik :