Demi Mendapat Pendidikan, Warga Rela Bangun Sekolah Seperti Ini

6.058 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, PANDEGLANG –
Demi mendapat pendidikan layak, warga sekitar desa Curug terpaksa berswadaya membangun gedung sekolah dari dinding bambu dan beratap rumbiah (pelepah kelapa). Sabtu, 22 Juli 2017. Gedung sekolah berukuran 3 X 3 M2 dapat dipergunakan untuk belajar mengajar disetiap harinya.  oleh sejumlah siswa sebanyak 18 orang (satu ruang) diisi mulai dari kelas 1, 3. 4  hingga kelas 5. Dengan tenaga pengajar  berjumlah hanya satu orang guru honor saja. Kendati demikian peroses belajar mengajar tetap berjalan lancar.

Demikian dikatakan Armani guru honorer SDN Sorongan 2 kepada awak media.

” Patut dibanggakan memang, semangat mereka (siswa)  dalam menuntut ilmu disekolah tidak pernah pudar.  walau dengan kondisi sekolah tersebut dianggap kurang layak dan nyaman untuk dipergunakan. Sementara jarak tempuh menuju kelas jauh siswa harus rela berjalan kaki sepanjang 3 Km. ” tambahnya.

Sementara, Sifa salah satu mahasiswa UNTIRTA Banten yang sedang lakukan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) didesa tersebut membenarkan berdirinya gedung sekolah tersebut atas keinginan masyarakat itu sendiri. tujuan agar anak didiknya dapat mengikuti pendidikan sekolah kelas jauh lebih layak lagi.  Cukup beralasan jika ini menjadi pusat perhatian serius semua pihak. karena dari berbagai siswa mulai dari kelas 1,3,4,dan 5 belajar bersama dalam satu ruang.

” Ini pertama kalinya yang kami tahu disini. ternyata masih dijumpai di pandeglang masyarakat pinggiran turut mendukung dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dalam dunia pendidikan. sehingga siswa yang berada dipelosok dapat bersekolah.
namun demikian tentunya persoalan pembangunan selain kelas jauh setidaknya ada perhatian serius pemerintah. membangun ruang kelas yang layak pakai agar siswa yang bersekolah dapat merasakan aman dan nyamanan. ” tambah.