Di Upacara Kemerdekaan Ke 74 RI, Bupati Garut Paparkan Visi Misi Kabupaten Garut 2019 – 2024

4.437 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Upacara peringatan detik – detik Proklamasi Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia tingkat kabupaten Garut dilaksanakan di Alun – alun Garut, Sabtu ¹⁷ Agustus 2019 dengan Inspektur Upacara Bupati Garut H Rudy Gunawan.

Dalam sambutannya Bupati Garut menyampaikan, Hadirin peserta upacara yang dimuliakan Allah Subhanahu Wa Ta’ala maha suci Allah Tuhan semesta alam yang telah mengaruniakan kehidupan penuh kesejahteraan yang melimpahkan kenikmatan dalam ketentraman dan membentangkan rezeki yang memakmurkan. Puji syukur marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Nya atas segala karunia yang telah diberikan khususnya nikmat kemerdekaan yang memungkinkan kita untuk mengembangkan seluruh potensi di tengah suasana rukun dan damai.

Shalawat dan salam Semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, kepada keluarga serta para sahabat, Tabiin – tabiit termasuk kita sebagai pengikutnya hingga akhir zaman.

Hadirin dan peserta upacara yang saya hormati, hari ini sebagai satu bangsa kita sangat bersyukur karena tanggal 17 Agustus 2019 yang menjadi Puncak peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia dapat laksanakan dengan penuh kenikmatan, berbagai upaya kita untuk memberikan makna terhadap kemerdekaan yang telah kita dapatkan merupakan bukti nyata rasa syukur atas nikmat yang telah dianugerahkan Allah SWT, serta penghargaan dan penghormatan atas jasa para pendahulu kita, para pahlawan kita yang telah berjuang untuk mewujudkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tentu saja sebagai generasi penerus kita wajib menghargai, menghormati, melanjutkan dan mewujudkan nilai-nilai kejuangan yang dilandasi jiwa dan semangat Patriotisme, kebangsaan, rela berkorban, kesetiakawanan sosial dan kecintaan kepada tanah air Indonesia. Kecintaan dan kebanggaan terhadap negeri ini akan menumbuhkan dan meningkatkan semangat dalam membangun kemajuan bangsa demi terwujudnya kesejahteraan.

Hadirin dan peserta upacara yang saya hormati. Dalam hubungan itu maka saya berharap momentum HUT Proklamasi Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia tingkat kabupaten Garut ini dapat dijadikan sebagai Wahana untuk membangkitkan, memupuk dan meningkatkan kembali persatuan dan kesatuan di antara komponen bangsa yang menjadi inti kekuatan serta ketahanan bangsa, kita pun telah menjalankan agenda demokrasi yaitu Pemilu Presiden dan pemilu legislatif yang telah menghasilkan kepemimpinan nasional yang sudah seharusnya kita dukung.
Dialektika perbedaan dalam kerangka demokrasi yang nampak pada waktu lalu sudah seyogyanya hanya dipandang sebagai suatu keniscayaan, terlebih sistem demokrasi yang telah menjadi pilihan dalam tata kelola kehidupan berbangsa dan bernegara sebagaimana diatur dalam undang-undang Dasar 1945 sejatinya merupakan sarana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu saat ini bukan waktunya lagi bagi kita untuk terus melihat berbagai perbedaan, sudah waktunya bagi kita untuk menatap masa depan Indonesia yang lebih maju, berdaulat, adil dan makmur sesuai inti dari cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Hadirin dan peserta upacara yang saya hormati, pada konteks pembangunan daerah langkah untuk mewujudkan kemajuan Kabupaten Garut terus kita lakukan,hal itu menjadi sangat relevan mengingat kita akan segera menjalankan agenda daerah dalam rangka mewujudkan pencapaian visi periode kedua kepemimpinan saya dan bersama saudara Helmi Budiman yaitu : terwujudnya Kabupaten Garut yang Bertaqwa, Maju dan Sejahtera sebagaimana tertuang dalam peraturan daerah nomor 1 tahun 2019 tentang RPJMD 2019-2024.

Visi pemerintah daerah tersebut mengandung kita-kita sebagai berikut.

Bertakwa mengarah pada terwujudnya masyarakat yang berakhlak Mulia, Menjunjung nilai-nilai luhur Agama dan Budaya dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara berlandaskan Pancasila indikasikan dengan adanya perubahan perilaku dan budaya dalam lingkungan kehidupan bermasyarakat.

Maju ditujukan untuk terwujudnya kabupaten Garut yang mampu menggali, memanfaatkan dan mengelola segenap potensi secara optimal, untuk digunakan dalam proses pembangunan, sehingga masyarakat memiliki kemampuan membangun stuktur perekonomian yang tangguh, dan bernilai tambah tinggi.

Sejahtera terwujudnya masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu memainkan peran dan fungsi sebagai subyek dan obyek dalam pembangunan yang selanjutnya.

Untuk mencapai visi pemerintah daerah, kamipun menetapkan 8 prioritas pembangunan jangka menengah yaitu :

1. Penurunan Angka kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja.
2. Peningkatan dukungan kehidupan beragama, budaya, gotong-royong, ketentraman dan ketertiban serta politik dan demokrasi.

3. Peningkatan kualitas pelayanan Pendidikan, Kesehatan, Keluarga Berencana, Kesetaraan gender dan pemenuhan hak anak serta Pemuda dan Olahraga.

4. Peningkatan kualitas infrastruktur wilayah secara merata.

5. Peningkatan nilai tambah ekonomi sektor Pertanian, Industri, Perdagangan, Pariwisata dan Jasa Produktif lainnya.

6. Peningkatan kualitas lingkungan hidup dan pengurangan risiko bencana.

7. Peningkatan pelayanan publik dan kinerja aparatur.

8. Peningkatan investasi dan pendapatan daerah.

Hadirin dan peserta upacara yang terhormat, guna mewujudkan visi pemerintahan daerah dimaksud dukungan dari seluruh komponen masyarakat menjadi penting dan merupakan modal dasar utama yang sangat dibutuhkan untuk menjamin keberlangsungan serta keberlanjutan agenda Pembangunan Daerah, saat ini kita pun semakin mendapatkan energi seiring dengan telah dilantiknya anggota DPRD Kabupaten Garut periode 2019 2024 pada tanggal 13 Agustus yang lalu, yang tentunya anggota DPRD periode 2019-2024 akan membawa penyegaran dan akan semakin menguatkan peran maupun fungsi diantaranya unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah yang diarahkan bagi kepentingan masyarakat bangsa dan negara.

Untuk itu, melalui kesempatan upacara peringatan HUT kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia tingkat kabupaten Garut Saya ingin menyampaikan ajakan sekaligus pesan kemerdekaan bagi segenap masyarakat Kabupaten Garut yaitu sebagai berikut pertama Mari syukuri nikmat kemerdekaan yang telah kita peroleh atas berkat dan rahmat Allah SWT dengan melakukan upaya bersama secara konkrit bekerja dengan bahu-membahu melaksanakan tugas dan kewajiban kita secara ikhlas guna meningkatkan kualitas hidup mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kabupaten Garut demi terwujudnya tujuan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yaitu memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, kedua tingkatkan etos kerja dan semangat kerja untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, bekerja secara keras dan profesional menguasai bidang tugas secara tuntas dan memiliki komitmen yang tinggi untuk berprestasi, tiga tingkatkan persatuan dan kesatuan mulai dari basis kehidupan masyarakat ke bawah yaitu tingkat RT, RW atau kapunduhan dan desa, kelurahan untuk memperkokoh bersama kehidupan sebagai pondasi utama Pembangunan Daerah. Dirgahayu bangsa dan negara Republik Indonesia ” SDM Unggul Indonesia Maju ” semoga rahmat dan ridho Allah SWT senantiasa menyertai usaha kita dalam membangun masyarakat bangsa dan negara yang sejahtera lahir maupun batin Aamiin YRA.