Didampingi Bupati Garut, Menkop dan UKM Teten Masduki Buka Pelatihan

7.548 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Bupati Garut H Rudy Gunawan mendampingi Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki membuka pelatihan Koperasi dan UKM yang bertempat di Ballroom Hotel Harmoni Tarogong Kaler, Sabtu 11 Juli 2020.

Hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki beserta jajaran Kemenkop dan UKM,
Kepala Biro perekonomian provinsi Jawa barat, Bupati Kabupaten Garut H Rudi Gunawan, Dandim 0611/Grt Letkol Inf. Erwin Agung T.W.A., S.T., M.Tr. ( Han ) , Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansah, S.I.K, diwakili
Kajari Kabupaten Garut ( Sugeng Hariadi SH, MH ), Danrem 062/TN Kolonel Inf Muhamad Muchidin diwakili (Kapten Inf Mulyono), Pj.Sekretaris Daerah Garut Zat Zat Munazat,
Kepala dinas koperasi dan UKM Garut beserta jajarannya,Para Asisten, Para staf Ahli, Perwakilan Kepala SKPD, Kepala Bidang Bappeda dan BPKAD, Kabag ekonomi beserta jajarannya, Ketua kadin Garut, Dekopinda,.Kasat Intelkam Akp. Acep Hasbulah, Kasat Sabara Akp. D. Gunawan, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kab. Garut Suhartono, Staf Dinas Koperasi Kab. Garut, Para Pimpinan Perbankan di Kab. Garut Bank BJB, BNI, BRI, Mandiri dan Bank Lain nya serta Peserta kurang lebih kurang lebih 150 orang.

Advertisement

Dalam sambutannya Bupati Garut mengatakan, ucapan terima kasih dan selamat datang kepada Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki beserta rombongan yang telah hadir di kabupaten Garut dalam agenda penyerahan program strategis Kementerian Koperasi dan UKM bagi kabupaten Garut.

” Ucapan Terimakasih saya selaku Bupati Garut kepada Menteri Koperasi dan UKM RI dan rombongan di wilayah Kab. Garut, Kepala dinas Koperasi dan UKM Prov Jabar / yg mewakili beserta Unsur Forkopimda Garut dan Peserta pelatihan” Kata Bupati di awal sambutannya.

Dilaporkan Bupati dihadapan tamu undangan, UKM di kabupaten Garut di masa Pandemi Covid 19 masih tetap berjalan, tentunya dengan adanya pelatihan ini akan lebih meningkatkan lagi kewirausahaan UKM di kabupaten Garut.

” Semoga dalam giat pelatihan ini dapat membawa ilmu bagi para pelaku kewirausahaan dan Koperasi serta pelaku UKM lain nya di kabupaten Garut sebagai rasa ka nyaah bapak menteri kepada warga Garut, tentu kami mohon arahannya” ucapnya.

Sambung Rudy, Disaat Pandemi Covid 19 ini Kab. Garut tetap meningkatkan produk kewirausahaan yang telah di apresiasi oleh seluruh pihak.

” Semoga ini menjadi ikhtiar bagi kita semua untuk membangkitkan ekonomi di masa pandemi Covid 19 ini” harapnya.

Sementara itu Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan, ditengah Pandemi Covid 19 para pelaku UMKM memiliki peranan penting dalam menggerakkan roda perekonomian, hal ini sejalan dengan upaya untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Pelatihan ini digelar untuk meningkatkan kompetensi pelaku usaha agar mampu beradaptasi selama penerapan new normal Covid-19.

” UMKM merupakan bagian terbesar dari masyarakat. Jumlah UMKM pada tahun 2019 mencapai 64,1 juta unit usaha atau 99,8 persen dari jumlah dunia usaha yang ada di Indonesia.

Hal lain menurut Teten, sektor UMKM dapat menyerap 99 persen, tenaga kerja dengan kontribusi terhadap PDB nasional sekitar 60 persen Berdasarkan data Kemenkop dan UKM, ada 236.980 UMKM terdampak Covid-19.

” Dalam situasi Pandemi Covid-19 pihak nya mendorong UMKM lebih inovatif dan adaptif Saat ini, penjualan hingga transaksi keuangan banyak yang beralih ke digital, Kemenkop dan UKM membangun sinergi dengan platform marketplace agar UMKM bisa masuk ke dalam ekosistem digital” pungkasnya.

Giat dilanjutkan dengan pemasangan Pin peserta pelatihan dan penyerahan Program Strategis Koperasi dan UKM RI dan pelatihan kewirausahaan diantaranya :

1. Pelatihan Pembukaan Bussines Plan
2. Pelatihan Kewirausahaan bagi wiraswasta pemula
3. Pelatihan Vocational ( Barista )
4. Pelatihan Vocational (Barbershop)
5. Pelatihan dan Uji Kompetensi Bagi Manager KSP/KSPPS
6. Pelatihan dan Uji Kompetensi SDM KUKM melalui SKKNI Bidang Kepariwisataan Home Stay.
7. Pelatihan Koperasi Managemen Usaha Bagi Koperasi Pasar Rakyat
8. Pelatihan Management Perkoperasian Bagi Koperasi Kehutanan Sosial
9. Pelatihan Perkoperasian di Kawasan