Garut Gencar Melaksanakan Program Sertifikat Tanah Gratis

11.515 dibaca
Penyerahan sertifikat tanah secara simbolis kepada masyarakat.

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Pemerintah Daerah Kabupaten Garut bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Garut menyerahkan sertifikat retribusi tanah objek landform sebanyak 500 bidang di Desa Jatiwangi, Kecamatan Pakenjeng, Garut, Kamis, 14 Desember 2017.

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu perlindungan hukum atas kepemilikan tanah, dengan bukti berupa sertifikat tanah.

Advertisement

“Sebagai Pemerintah, tentu memiliki kewajiban memberikan perlindungan kepada masyarakatnya. Salah satunya perlindungan hukum atas kepemilikan tanah, yang saat ini akan diserahkan kepada 500 orang penerima sertifikat. Tentunya ini satu perlindungan terhadap masyarakat dari pemerintah melalui kejelasan kepemilikan tanah, dengan bukti adanya sertifikat tanah,” kata Bupati Garut.

Lanjut Rudy Gunawan, hingga saat ini Pemerintah Daerah Garut telah menyerahkan ribuan sertifikat tanah pada masyarakat tanpa mengeluarkan biaya banyak.

“Hanya mengeluarkan biaya untuk pengadaan materai dan sedikit biaya administrasi, mereka sudah memiliki sertifikat,” lanjut Rudy.

Hingga saat ini, BPN Garut gencar melaksanakan program Sertifikat Tanah Gratis. Untuk tahun 2018 diperkirakan ada 60.000 bidang yang akan dikerjakan BPN Kabupaten Garut.

EDITOR :WN