Kades Sancang Negatif Narkoba

37.664 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Garut melakukan tes urine Kepada Suryana, Kepala Desa Sancang, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, guna menelusuri dugaan penggunaan narkoba seperti yang ditudingkan masyarakat setempat, Senin 10 September 2018 di Kantor BNNK Garut, Jalan Patriot.

Disaksikan Kabid Pemdes Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Garut, Asep Mulyana SIP M Si, Camat Cibalong Ahmad Mawardi AP SE, Ketua Parade Nusantara Kabupaten Garut, Teddy Rohendi, Ketua MUI Cibalong, BPD dan tokoh masyarakat Kecamatan Cibalong, hasil pemeriksaan air kencing Kades Sancang dinyatakan negatif dari kandungan narkoba.

Plt Kepala BNNK Garut, Asep Sahrudin mengatakan, pihaknya kedatangan masyarakat Desa Sancang bersama Kepala Desa yang didampingi oleh Kabid Pemdes dari DPMD, Camat Cibalong, juga BPD dan MUI setempat. Masyarakat, kata Asep, berargumentasi bahwa Kepala Desa mereka merupaka pengguna Narkoba, cetusnya.

“Kita kan belum bisa berbicara sebelum ada hasil. Tapi ternyata setelah hasil kita gunakan yang 6 parameter ternyata semua hasilnya negatif. Kemudian mereka meminta untuk tes DNA, saya katakam disini tidak ada. Yang namanya penyalahgunaan narkotika itu ada tiga kriteria yaitu pengguna tetap atau pecandu, pemakai profesional dan pengedar,” tandas Plt Kepala BNNK Garut.

Asep melanjutkan, misalkan andaikan sekali ini terindikasi positif, tapi tidak ada bukti dan dia hanya pengguna. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2013 yang bersangkutan harus direhabilitasi tidak harus di pidanakan, tukasnya.

“Apalagi ada kaitannya dengan status dia harus turun dari jabatan Kepala Desa, kami tentunya waspada. Kami hanya diminta oleh masyarakat untuk tes urine, ya hasil negatif dan kami tidak bisa mengada-ngada. Pemeriksaan ini juga disaksikan oleh beberapa elemen masyarakat yang pada akhirnya semua membuktikan hasil pemeriksaan,” pungkasnya.

Kabid Pemdes Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Asep Mulyana mengatakan, hasil ini sudah membuktikan kepada warga masyarakat Desa Sancang bahwa apa yang diminta oleh warga sudah dipenuhi oleh Kepala Desa Sancang.

” Selanjutnya kita tetap akan memberikan pembinaan agar kejadian yang serupa tidak terulang kembali”, ungkap Asep Mulyana.