Litbang BKKBN Pusat Menyelenggarakan Capacity Building

5.422 dibaca
Litbang BKKBN

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT-Bekerja setiap hari, berbulan-bulan hingga bertahun-tahun bergelut dengan rutinitas kerja, terkadang hinggap rasa jenuh atau bosan. Berawal dari pemikiran itu, Bidang Pengembangan Penelitian dan Pelatihan (Litbang) BKKBN Pusat menyelenggarakan Capacity Building 2018 di salah satu Resort Kawasan Wisata Garut selama 4 hari.

Hal ini disampaikan Prof. Rizal Damanik M.Rep.Sc, Deputi I Litbang BKKBN Pusat, pada Rabu, 31 Januari 2018.

Advertisement

“Tentunya kita perlu juga suatu suasana yang bisa saling menguatkan, meningkatkan kapasitas dan sekaligus refresing untuk memajukan kegiatan kerja komponen-komponen kedeputian Litbang. Oleh karena itu, kami perlu melaksanakan Capacity Building yang kebetulan dilaksanakan di Garut ini.” tutur Rizal.

Lanjut Rizal, dengan melaksanakan kegiatan kerja namun dengan suasana berbeda, pihaknya akan mencoba mengasah lagi kemampuan analisis, keterampilan dan menguatkan rasa kebersamaan komponen jajaran Litbang antara senior dan junior.

“Dan yang terpenting saling asah, asih, asuh mengasih satu sama lain, sehingga pada akhirnya terjadi keterpaduan antara komponen di kedeputian Litbang BKKBN,” tambah dia.

Untuk peserta sendiri, jelas Deputi I ini terdiri dari empat komponen yang ada di Deputi Litbang. Di antaranya: Pusat Kerjasama Internasional, Pusat Latihan dan Pendidikan, Pusat Penelitian Keluarga dan Pusat Penelitian Kependudukan.

“Kita pertemukan di sini dalam suasana yang berbeda guna meningkatkan kerjasama ke empat komponen ini,” jelas dia.

Rizal berharap, dengan Capacity Building ini diharapkan dapat memacu motivasi kerja dan kerjasama di jajaran Litbang BKKBN.
“Saya berharap ada sisi positif yang dapat diambil dalam acara Capacity Buiding ini, bagi motivasi kerja dan kerjasama di jajaran Litbang BKKBN,” pungkas Rizal Damanik.

Sementara Yarno, salah satu Peserta Capacity Buiding, berpendapat acara ini sangat membantu sekali dalam memacu kembali motivasi kerja dan komunikasi yang baik antara jajaran komponen yang ada di bidang Litbang.

“Sangat bermanfaat sekali bagi kami sebagai peserta acara ini, salah satunya komunikasi antar rekan kerja yang biasanya setiap hari disibukan dengan pekerjaan masing-masing,” pungkas Yarno.

Editor: NA