Mengawali Peringatan HJG Ke 208, Bupati Garut Bersama Jajaran Ziarah Ke Makam RAA Adiwijaya

8.007 dibaca


BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Dalam rangka memeringati Hari Jadi Garut (HJG) yang ke 208, jajaran Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Garut dan Forkopimda Garut melaksanakan tabur bunga di makam RAA Adiwijaya, bupati pertama Garut yang kala itu nama pemerintahannya Kabupaten Balubur Limbangan, Senin, 15 Februari 2021.

Makam yang berada di Kampung Cipeujeuh RT 03 RW 14, Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota tersebut dijadikan tempat mengawalinya peringatan Hari Jadi Garut yang ke 208, dengan prosesi doa bersama dan tabur bunga.

Advertisement

Bupati Garut H Rudy Gunawan menyampaikan kegiatan upacara dan tabur bunga itu merupakan salah satu rangkaian dalam memperingati HJG yang ke 208, ini merupakan penghormatan kepada pendiri kabupaten Garut.

” Ini penghormatan kepada pemimpin dan pendiri kabupaten Garut di saat saat sulit, jadi dulu pada tahun 1812 kondisinya sangat sulit,” tutur Bupati Rudy.

Jadi sambung Bupati Rudy, kita hadir disini untuk memberikan penghormatan sekaligus berziarah kepada para pemimpin Garut yang telah mendahului kita.

” Hal ini merupakan penghormatan kita kepada beliau sebagai Dalem pertama di Garut” ujarnya.

Masih kata Bupati Rudy Gunawan, untuk HJG ke 208 di masa Pandemi ini, agenda kegiatan hanya terbagi dalam 2 agenda, yaitu Ziarah ke makam Cipeujeuh, Upacara dengan prosedur Protokol Kesehatan dan Rapat Paripurna.

” Untuk agenda lainnya, kita fokus melakukan bhakti sosial di beberapa tempat di kabupaten Garut” pungkasnya.

Sejumlah pejabat tampak hadir dalam kegiatan upacara dan tabur bunga tersebut. Diantaranya, Bupati Garut H Rudy Gunawan, Wakil Bupati H Helmi Budiman, ketua DPRD Garut Euis Ida,Kepala Kejari Garut Sugeng Hariadi, Dandim 0611/Garut Letkol Deni Iskandar, Kapolres Garut AKBP Adi Benny Cahyono, Para Kepala SKPD, para Camat dan Lurah se Kecamatan Garut Kota serta tamu undangan.

Selain di makam Bupati RAA Adiwijaya, Bupati Garut juga berziarah di komplek pemakaman Hoofd Panghoeloe RHM Moesa yang di mana terdapat makam RA Lasminingrat.