Menuju Desa Sehat, Bupati Garut Kembali Mencanangkan SBS/ODF

5.420 dibaca
Rudy Gunawan, Bupati Garut

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT-Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, kembali mencanangkan dua desa di Kecamatan Cikelet sebagai desa Stop Buang Air Sembarangan (SBS)/Open Defecation Free (ODF), Selasa, 30 Januari 2018. Dua desa itu yakni Desa Awasnagara dan Karangsari di Kecamatan Cikelet. Kini tercatat desa yang telah dicanangkan SBS/ODF ada 180 desa.

Bupati Garut mengatakan, kedua desa yang saat ini dicanangkan merupakan desa yang ke 180 yang telah mencanangkan sebagai Desa SBS/ODF dari 420 desa yang ada di Kabupaten Garut.

Advertisement

“Diharapkan tahun ini akan semakin bertambah lagi, hingga semua desa di Kabupaten Garut bisa bebas dari Buang Air Sembarangan.” Rudy Gunawan.

Rudy menambahkan, pentingnya BAB ditempatnya (WC) karena kotoran manusia tidak ada manfaatnya, bahkan membawa penyakit. Berbeda dengan kotoran hewan, umpamanya kotoran ayam atau kambing yang bisa bermanfaat bagi tanaman.

“Tetapi kotoran manusia membawa banyak bakteri dan virus bagi kesehatan kita.” tambah Rudy.

Rudy menjelaskan, saat ini Pemerintah Daerah telah menganggarkan dana bantuan dalam bentuk Program Pamsimas bagi kebutuhan masyarakat dalam pengadaan air bersih dan pengadaan WC umum bagi masyarakat.

“Kita telah menganggarkan 14 milyar untuk kebutuhan air bersih dan WC umum bagi masyarakat.” lanjut Rudy.

Ditempat yang sama, Camat Cikelet, Uwan Trisnayadi menyatakan, untuk di Kecamatan Cikelet baru 4 desa yang telah mencanangkan sebagai Desa SBS/ODF dari 11 desa yang ada.

“Tentunya kita akan mencoba mendorong semua desa yang ada untuk secepatnya bisa mencanangkan program ini, untuk menuju desa yang bersih dan sehat. pungkas Iwan.

Acara ini dihadiri juga oleh Kepala Dinas Kesehatan Garut, Dr.Temi s Rifai; Camat Cikelet, Iwan Trisnayadi; Para Kepala Desa se Kecamatan Cikelet; Tokoh Masyarakat; Tokoh Agama dan Tamu Undangan.

Editor: NA