Pasca Seruan Stay at Home, Trafik Internet Naik Signifikan

1.428 dibaca

BUANA INDONESIA.CO.ID, BANDUNG –¬†Jaringan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengalami lonjakan trafik data yang signifikan sepanjang sepekan masyarakat menerapkan bekerja dan belajar dari rumah.

“Data dari pusat pemantauan jaringan¬†Customer Experience and Service Operation Center menunjukkan kenaikan cukup tajam yaitu rata-rata sebesar 10% dibandingkan hari normal pada trafik penggunaan seluruh layanan data dalam cakupan nasional,” Kata (Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, dalam keterangannya, Selasa (24/3).

Akses ke aplikasi-aplikasi penunjang kerja dan belajar dari rumah menjadi favorit pelanggan, dengan kenaikan trafik tertinggi sebesar 48%. Khusus di Jawa Barat, rata-rata kenaikan trafik data tercatat sebesar 8%, dengan Kabupaten Tasikmalaya mencatat kenaikan tertinggi sebesar 14%.

“Di luar Lebaran dan Natal danTahun Baru, ini adalah kenaikan trafik data secara nasional yang tertinggi. Kenaikan trafik tertingginya mencapai 15% dibanding hari biasa,” ujar I Gede.

Layanan data yang paling tinggi secara nasional kenaikannya berturut-turut menurut jenisnya adalah Ruang Guru 48%, Netflix 46%, Facebook 11%, Whatsapp 10% dan Mobile Legend 8%. Khusus aplikasi-aplikasi yang mendukung bekerja dan belajar dari rumah, selain Ruang Guru, kenaikan trafik yang tinggi juga terjadi pada Google Classroom 2.354%, Brainly 84%, Zenius 54%, dan Udemy 44%.

Untuk media sosial, di mana masyarakat dan pelanggan banyak memantau perkembangan dan informasi terkait wabah Covid-19, secara nasional kenaikan trafik terjadi pada Facebook sebesar 11 %, Instagram 2%, Youtube 3%, dan Twitter 3%. Akses ke web browsing juga ikut meningkat, yaitu sebesar 2%, termasuk ke website-website yang menyediakan informasi seputar Covid-19.

“Aplikasi berbagai media massa online yang menyediakan berita-berita update tentang peristiwa besar ini juga meningkat signifikan, yaitu rata-rata sebesar 7.6% 8%,” ujarnya.

Layanan percakapan instan seperti Whatsapp secara nasional mengalami kenaikan trafik sebesar 10%, LINE 1%, dan Telegram 12%. Selama berada di rumah melakukan social distance, masyarakat dan pelanggan juga mengakses sejumlah layanan penyediaan hiburan seperti gim yang trafiknya naik sebesar 6%, dan streaming film (Netflix, Hooq) 38%.

“Kami akan terus berusaha menjaga performa jaringan di seluruh wilayah Jawa Barat seiring dengan makin gencarnya upaya pemerintah provinsi dan kota/kabupaten menyerukan social distancing atau tetap tinggal di rumah saja kepada seluruh warga,” tandas Group Head Central Region XL Axiata, Sofia Purbayanti.