Pengurus Pokdar Kamtibmas Garut Dilantik Dan Dikukuhkan

2.567 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Kapolres Garut, AKBP Dede Yudy Ferdiansyah SIK MIK, resmi melantik pengurus Pokdar Kamtibmas (Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) Bhayangkara Resor Garut periode 2020-2023 di Hotel Redante Lt. II, Jalan Samarang-Garut, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Kamis 23 Juli 2020.

Acara tersebut, Wakil Bupati Garut H  Helmi Budiman, Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansyah SIK MIK, Kasat Binmas Polres Garut AKP Dudu Gunawan, Kabag Ops Polres Garut, Kompol Apri Rahman SE, Kapolsek Tarogong Kaler Iptu Masrokan SE, Wakil Ketua Pengda Jawa Barat Ir Dida Juanda beserta jajaran, Pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Garut dan Sektor, Ketua Sahabat Polisi DPC Garut, Deni Gartiwa, Pengurus Pokdar Kamtibmas Polresta Bandung, Tokoh Ulama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan undangan lainnya.

Advertisement

Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Resor Garut diketuai oleh Igie N Rukmana S Kom, yang juga Penggiat Anti Narkoba dan Pemimpin Redaksi di salah satu media Garut. Dikatakan Igie, dirinya siap bekerja dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di Kabupaten Garut. Dia menyampaikan ungkapan terima kasih atas amanah yang diberikan kepada dirinya.

“ Terima kasih atas amanah yang diberikan kepada saya dan rekan-rekan Pokdar Kamtibmas, kami siap untuk menjalankan tugas dan akan berperan aktif dalam menjalankan kamtibmas untuk kondisi yang kondusif di Kabupaten Garut. Slogan “Satunya Kata dengan Perbuatan” akan kami implementasikan dalam berkehidupan bermasyarakat. Tentu kami selalu mohon petunjuk dan arahan Dewan Pembina, semoga kedepannya bisa berkontribusi secara maksimal,” ucapnya.

Wakil Bupati Garut menjelaskan, Pokdar Kamtibmas tentunya bertujuan untuk menciptakan Keamanan dan ketertiban masyarakat. Situasi Kamtibmas saat ini, kata Wabup, terbilang kondusif. Dan itu bukan hanya peran pemerintah saja, tetapi juga perlu adanya kesadaran masyarakat. Untuk itu pihaknya berharap agar dapat di bentuk Pokdar Kamtibmas di kecamatan dan di desa-desa, tukasnya.

“ Kedepannya saya berharap Pokdar Kamtibmas dapat membantu kinerja Polri dan menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat dari 421 Desa dan 21 Kelurahan di Kabupaten Garut ini. Aspek keamanan dan ketertiban merupakan aspek yang sangat penting dalam proses pembangunan, karena pembangunan tidak akan berjalan baik apabila faktor Kamtibmas tidak berada dalam kondisi yang baik,” ujarnya.

Kemudian, Wakil Bupati Garut mengucapkan selamat bertugas untuk Pokdar Kamtibmas Resor Garut. Pihaknya berharap Kelompok Sadar Kamtibmas yang dilantik pada hari ini dapat membantu tugas kepolisian dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah masing-masing dengan pendekatan preventif dan solutif.

“ Semoga bisa dapat maksimal membantu kinerja Polri dan menciptakan Kamtibmas di Kabupaten Garut. Kelompok sadar Kamtibmas ini, sangatlah dibutuhkan. Untuk itu, saya atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Garut mendukung penuh kepada Pokdar Kamtibmas,” ungkap Wakil Bupati Garut.

Sementara itu, Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansyah meminta agar Pokdar Kamtibmas di wilayah hukum Polres Garut dapat berperan aktif memberikan kesadaran kepada masyarakat dalam mewujudkan situasi Kamtibmas kondusif.

“ Selamat kepada Pengurus Pokdar Kamtibmas yang baru saja dilantik, saya berharap agar nantinya Pokdar Kamtibmas dapat berperan aktif dan bersama-sama saling mengingatkan juga memberi informasi yang aktif sehingga suasana kamtibmas tetap kondusif. Dalam hal ini, Pokdar Kamtibmas merupakan mata dan telinga saya,” ucapnya.

Dia menjelaskan, sesuai UU No. 2 Tahun 2002, Harkamtibmas adalah tugas pokok Polri. Meski demikian, Polri membutuhkan partisipasi semua elemen masyarakat untuk menjalankan tugas keamanan. Kapolres Garut mengajak para pengurus dan anggota Pokdar Kamtibmas menciptakan keamanan sesuai harapan semua pihak.

“ Pokdar yang telah dibentuk bisa menjadi jembatan silaturahmi bersama untuk menciptakan kamtibmas di Kabupaten Garut. Ini masuk kepada tiga pilar kita, selain TNI, Polisi, dan Pemerintah, ini salah satu mitra kamtibmas kita, harapan saya keharmonisan ini tetap dipertahankan,” pungkas AKBP Dede Yudy Ferdiansyah.