Pemkot Blitar Gelar Khitanan Massal

8.384 dilihat
Plt Walikota Blitar, Drs. H. Santoso M.Pd bersama Kepala Dinas Sosial Kota Blitar Priyo istanto sedang menyaksikan prosesi khitan, Kamis 27 Juni 2019. Foto : Bang Jun

BUANAINDONESIA.CO.ID, Blitar.Jatim – Kebahagian dan Keceriaan terpancar pagi ini bersama anak-anak yang mengikuti kegiatan Khitanan Massal yang di adakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar melalui Dinas Sosial.

Kegiatan ini di laksanakan di gedung kesenian jln. Seruni yang di ikuti oleh 89 Anak dari berbagai kelurahan yang ada di Kota Blitar, secara gratis.

Dalam pelaksanaan khitanan massal ini, sejumlah 20 tenaga medis disiapkan untuk melancarakan kegiatan.

Khitan Massal ini, setiap peserta juga di beri, Sarung, Songkok, celana dalam dan Bantuan Transport oleh Pemerintah Kota Blitar sebesar Rp.500.000,-

Penyerahan bantuan tersebut, secara simbolis langsung diberikan oleh Plt Walikota Blitar, Drs. H. Santoso M.Pd didampingi  Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, Priyo Istanto.

Menurut Santoso, kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari APBD Pro – Rakyat dan sebagai bentuk kewajiban bagi umat muslim.

“Yang tidak kalah penting, dilihat dari segi kesehatan dapat menghilangkan virus – virus yang menempel pada alat kelamin,” tutur Santoso, Kamis (27/6/2019) di sela-sela meninjau prosesi khitan.

“Kami juga bersyukur pesertanya tahun ini lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun kemarin sebenarnya sudah pernah kami adakan juga, namun pesertanya tidak sebesar kali ini,” sambungnya.

Sementara, Kepala Dinsos Pemkot Blitar Priyo Istanto mengatakan, kegiatan khitan masal idealnya sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat, khususnya bagi warga kurang mampu.

“Alhamdulillah kali ini banyak peserta yang mengikuti dan yang pertama kalinya. Hari ini akan kita evaluasi untuk kegiatan di tahun 2020,” terang Priyo.

Priyo juga mengatakan, kedepan akan kita inventarisir terlebih dahulu, supaya kegiatan berikutnya jumlah peserta akan lebih banyak.

“Kegiatan seperti ini sangat ternyata sangat dibutuhkan masyarakat. Untuk itu tahun depan akan kita tingkatkan dengan skala yang lebih besar lagi,”¬† (Jun)