Abdussy Syakur Amin : Riset Akuntansi Penting Dalam Bantu Pemerintah Ciptakan Good Governance

7.616 dibaca
BUANAINDONESIA.CO.ID,  GARUT – Belum lama ini Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, menggelar kegiatan Parade Riset Akuntansi sekaligus penyelenggaraan Pameran Expo 2017 di Universitas Garut (Uniga) selama dua hari.
Hal ini disampaikan Rektor Universitas Islam Garut (Uniga), Abdussy Syakur Amin kepada Buanaindonesia di Kantornya, Kamis, 30 November 2017.
” Tahun ini acara kegiatan Parade Riset Akuntansi dan Pameran Expo 2017 digelar disini (Uniga), 28-29 November 2017,” katanya
Abdussy Syakur Amin mengatakan, riset akuntansi sangat penting dalam membantu pemerintah menciptakan good governance yang transparan dan akuntable.
“ Volume APBN kita Rp 2000 triliun. itu jumlah yang sangat besar sehingga perlu partisipasi masyarakat untuk membantu pemerintah melakukan pengawasan, diantaranya perguruan tinggi lewat ilmu akuntansinya,” katanya.
Kegiatan tersebut diikuti sekitar 300 orang dosen, guru besar dari berbagai Universitas dan sekolah tinggi ternama dari dalam dan luar pulau Jawa juga para mahasiswa.
Guru Besar Akuntansi dari Universitas Pajajaran Bandung (Unpad), Yusli Nurafiah yang menjadi penggagas kegiatan tersebut mengatakan. kegiatan tersebut bertujuan agar ilmu akuntansi lebih memberikan sumbangan nyata terhadap bangsa dan negara.
“ Tujuannya agar ilmu akuntansi lebih memberikan nilai terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara lewat riset-riset yang dilakukan akuntan pendidik (akademisi) di sejumlah perguruan tinggi bisa memberikan sumbangsih tehadap tatanan jalannya pemerintahan,” katanya.
Yusli menambahkan, kegiatan riset yang dihadirkan dalam parade riset akuntansi ini objeknya sangat beragam, ada perpajakan, manajemen anggaran keuangan di pemerintahan dan korporasi dan sebagainya (BUMN/BUMD).
“ Hasil-hasil riset yang masuk dalam parade ini, diantaranya akan menjadi rekomendasi bagi pemerintah sebagai bahan masukan, baik untuk bahan perbandingan maupun untuk bahan peningkatan kualitas menajamen keuangan,” ucapnya.