Anggaran Keagamaan Garut Sangat Minim Dibandingkan Bidang Lain

4.263 dibaca

GARUT, Buanaindonesia.com – pemerintah Kabupaten Garut pada 2015 sudah mengelontorkan anggaran untuk kegiatan keagamaan. Namun besarannya tidak sebanding dengan bidang olah raga. Yang mana untuk kegiatan keagamaan hanya Rp 1 miliar, sedangkan untuk kegiatan olah raga mencapai Rp 2,5 miliar dan sepak bola Rp 1 miliar.

IMG_20151024_213759“Hal ini tentu saja tiak seimbang. Keagamaan anggarannya sangat mini. Padahal anggaran di Kementrian sangat besar,” ujar, Sekretaris PCNU Kabupaten Garut, Deni Rangga Jaya, Kamis (22/10/2015).

Advertisement

Sementara pembangunan mental dan karakter bangsa dimulai dari ulama.

“Orang bisa baca alquran siapa yang mengajari, orang bisa memahami ilmu agama siapa yang mengajari, itu kan peran ulama. Tapi kenapa anggaran keagamaan sangat minim, termasuk di Pemda Garut,” ketusnya.

Deni mengatakan, pada 2015 anggaran untuk kegiatan olahraga saja mencapai 2,5 milyar, anggaran untuk klub sepak bola Rp 1 milyar. Tapi kenapa untuk bantuan keagamaan seperti untuk MUI hanya Rp 1 milyar.

Padahal oleh MUI anggaran tersebut, dibagi-bagi lagi untuk organisasi keagamaan lainnya yang jumlahnya bisa mencapai puluhan organisasi, belum lagi dibagi ke MUI pengurus tingkat kecamatan.

Ia menegaskan, bila tahun depan anggaran ke agamaan tetap kecil pihaknya akan kritisi kebijakan Pemda Garut. Terlebih dalam penggunaan anggaran yang bersumber dari APBD.

“Kita akan keritisi kebijakan Pemerintah, sebesar apa kebijakannya dalam memihak keagamaan,” tandasnya.
Menyikapi hal ini, Wakil Bupati Helmi Budiman berkilah,  anggaran keagamaan bersifat vertikal. Yang mana dalam penganggaran diurus Kementrian Agama RI.

Kendati demikian, pihak Pemkab Garut juga sangat mensupport kegiatan yang bersifat keagamaan. Bukan saja mensupport Majelis Ulama Indonesia Garut saja, yang mana saat ini pihaknya telah menganggarkan dana untuk insentif bagi para guru ngaji.

“Kami pada APBD 2016, sudah menganggarkan insentif bagi para Guru Ngaji. Hal ini sesuai dengan janji kampanye dulu, namun baru teranggarkan pada tahun mendatang,” janji Helmi.

Editor : Juan