Bawaslu Turunkan APK Di Hari Tenang

4.163 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, Pandeglang – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang di Hari Tenang melakukan pembersihan puluhan Alat Peraga Kampanye (APK) dari berbagai partai Politik maupun Para caleg dan relawan Capres, pembersihan APK yang dilakukan oleh Tim Gabungan dari Bawaslu, Satpol PP serta Dishub Pandeglang.

Hal tersebut dilakukan karena masa kampanye terbuka Pemilihan Umum 2019 telah usai, mulai Minggu 14 April 2019. Seluruh APK itu dibersihkan karena sudah masuk ke masa tenang sebelum hari pemungutan suara pada Rabu 17 April 2019 mendatang.

Berdasarkan pantauan Buanaindonesia, pencopotan APK parpol, Caleg dan Capres itu dilakukan di sepanjang jalur Protokol, kegiatan tersebut menurunkan satu unit mobil kren milik Dishub Pandeglang. Satu persatu APK mulai diturunkan sejak jam 09:00 WIB, dimulai dari depan kantor Bawaslu.

Ade Mulyadi, Ketua Bawaslu Pandeglang mengatakan, Bawaslu melakukan penertiban APK bersama KPU Pandeglang, Dishub dan Satpol PP di sejumlah jalur protokol.

” Kita lakukan ini karena sekarang sudah masuk dalam hari tenang, maka penertihan APK kita lakukan secara serentak pada 35 Kecamatan ,” Kata Ade Mulyadi. Minggu 14 April 2019 di lokasi pencopotan APK kampanye.

Masih kata Ade, penurunan APK itu dilakukan sesuai dengan amanat dari peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 23 tahun 2018.

” Seperti diketahui, berdasarkan peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 23 tahun 2018 pasal 34 ayat 8, APK harus diturunkan oleh Bawaslu atau diturunkan peserta Pemilu sendiri, paling lambat satu hari sebelum hari pemungutan suara,” pungkasnya.