Bersama Menteri Pariwisata RI, Bupati Garut Hadir Meresmikan Pasar Wisata Digital Situ Candi Cangkuang

2.635 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Senin 2 September 2019, Situs Situ Candi Cangkuang Desa Cangkuang Kecamatan Leles Kabupaten Garut resmi menjadi Destinasi Pasar Wisata Digital yang dicanangkan langsung oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya.

Bupati Garut H Rudy Gunawan dalam sambutan mengatakan, ucapan terima kasih kepada menteri Pariwisata yang telah membantu Pemkab Garut dalam mengembangkan pariwisata di kabupaten Garut.

” Terima Kasih sekali kepada Bapak Menteri Pariwisata dan kementeriannya, beliau sudah dua kali ke Garut dan 5 kali menggelar Pasar wisata digital di kabupaten Garut” ucap Bupati Garut H Rudy Gunawan.

Masih kata Bupati, pasar digital sangat penting bagi mempromosikan destinasi wisata, melalui media sosial menyebaran informasi akan semakin cepat ke masyarakat bahkan keseluruh dunia.

” Meski tidak banyak orang Indonesia yang hadir ke Garut, tetapi melalui bapak Menteri Arief Yahya dan rombongan hadir disini akan menjadi tranding topik bahwa beliau hadir di Garut dan berada di Situ Candi Cangkuang” tutur Bupati.

Sambung Rudy, di Situ Candi Cangkuang ini terdapat berbagai budaya dari peradaban sebelumnya asli orang Garut.

” Sebagaimana yang bapak Menteri lihat dan rasakan berbagai budaya dan tarian khas Garut, untuk itu kami atas nama Pemkab Garut sekali lagi mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya Kepada Kementerian Pariwisata yang telah membantu kabupaten Garut di bidang Pariwisata”, ungkapnya.

Sementara itu Menteri Pariwisata RI Arief Yahya menyampaikan , lebih dari 50 persen wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Indonesia merupakan generasi milenial. Untuk menarik minat para wisman itu ke Kabupaten Garut, maka destinasi digital merupakan salah satu caranya, di kabupaten Garut kementerian bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Garut telah meresmikan 5 Pasar wisata digital.

” Melalui penyebaran Media Sosial, kita sebarkan keindahan alam melalui kamera. Intinya ada kebutuhan pengakuan dari milenial, jadi destinasi digital itu tak perlu bagus di mata, melainkan di kamera,” ucapnya.

Arief menambahkan, pihaknya ingin menjadikan Kabupaten Garut sebagai destinasi pariwisata kelas dunia. Apalagi, Kabupaten Garut memiliki sejumlah destinasi wisata unggulan, ada tiga destinasi unggulan yang dipunyai Garut yakni Situ Bagendit, Dayeuh Manggung, serta Candi dan Situ Cangkuang. Situ Bagendit akan direvitalisasi dan ditata kembali untuk dijadikan sebagai destinasi kelas dunia.

” Untuk mendukung destinasi unggulan itu pemerintah pusat, provinsi akan mendukung menjadikan Garut sebagai destinasi pariwisata kelas dunia. Anggaran Rp100 miliar dari Kementerian PUPR dan Rp30 miliar dari Pemerintah daerah Jawa Barat dialokasikan untuk Situ Bagendit. Sementara Situ Cangkuang akan mendapatkan alokasi dana sebesar Rp. 7 milyar” pungkasnya.