Bersama Warga, Bupati Garut Laksanakan Sholat Idul Adha 1441 H

3.587 dibaca
Bersama Warga, Bupati Garut Laksanakan Sholat Idul Adha 1441 H

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Bupati Garut H Rudy Gunawan melaksanakan sholat Idul Adha 1441 H di Alun – alun halaman Masjid Agung Garut dengan pelaksanaan sesuai acuan protokol kesehatan. Jumat 31 Juli 2020.

Dalam sambutannya Bupati Garut H Rudy Gunawan mengucapkan syukur bisa berkumpul bersama melaksanakan sholat Idul Adha bersama meski ditengah wabah Covid – 19 yang masih melanda Indonesia termasuk di kabupaten Garut.

Advertisement

Baca Juga : Langkah Jadi Conten Creator Dapat Penghasilan Dolar

“Bapak-ibu jamaah yang saya hormati, tentunya hari ini hari dimana kita bisa berkumpul melaksanakan salat Idul Adha secara berjamaah di halaman Masjid Agung Garut, di Kabupaten Garut ini adalah dilaksanakan di 42 kecamatan, tentu kita merindukan keadaan seperti ini, karena di tahun ini kita tidak melaksanakan sholat Idul Fitri bersama-sama dikarenakan ada wabah Corona, tentu Kita patut bersyukur Kabupaten Garut terus melakukan upaya-upaya pencegahan terhadap wabah corona ini” kata Bupati Garut.

Masih kata Bupati Rudy Gunawan, Kita pun menjaga jarak sebagaimana hari ini, DKM masjid agung Alhamdulillah telah memperhatikan protokol kesehatan dengan menjaga jarak.

Baca juga : Viral di Media Sosial Maenkan Musik Namun lumayan Menarik

“Biasanya imam meminta merapikan dan merapatkan shaf, sekarang ada protokol kesehatan sesuai dengan apa yang dianjurkan oleh WHO, pemerintahan pusat dalam rangka mengurangi penyebaran virus Corona kita menggunakan jarak yang aman dan tentu kita juga mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, berpola hidup dengan bersih dan sehat. Tetapi yang penting lagi adalah kita berdoa kepada Allah subhanahu wa ta’ala kita mendapatkan perlindungan nya dan tetap diberi kesehatan” tutur Rudy Gunawan.

Sambungnya, hari ini ada 37 orang yang terkonfirmasi positif Covid – 19 di kabupaten Garut, 7 sedang dirawat di rumah sakit, 3 meninggal dunia dan 27 yang dinyatakan sembuh.

” Tentunya yang sakit akan kita lakukan sebaik-baiknya diantara ada dokter yang profesional, Insya Allah dengan ini kita akan sembuhkan yang terkena virus Corona, yang penting lagi adalah bagaimana kita semua tetap memperhatikan protokol kesehatan diantaranya kita wajib menggunakan masker ketika di ruang terbuka di tempat – tempat kerja termasuk tempat ibadah” ungkapnya.

Imbuhnya, berhubungan dengan sholat Idul Adha ini biasanya dikaitkan dengan 3 momentum penting, Sholat Idul Adha, melaksanakan Qurban dan menunaikan ibadah Haji, untk itu mari kita bersama-sama berdoa dan mendoakan kepada saudara kita yang akan melaksanakan ibadah haji tahun ini tidak bisa terlaksana tetap di beri kesabaran.

” 2000 jemaah haji asal kabupaten Garut yang harusnya berangkat haji pada tahun ini ditangguhkan karena wabah Corona ini, tentu kita doakan kepada saudara-saudara kita yang telah melunasi ongkos haji mempunyai niat yang tulus untuk memenuhi panggilan dari Allah SWT, melaksanakan ibadah haji diberikan kesehatan tentu Allah memberikan pahala karena niatnya disampaikan dengan tulus untuk melaksanakan rukun Islam yaitu ibadah haji” imbuhnya.

Terakhir Bupati menyampaikan, hari ini setelah sholat Idul Adha kita akan melaksanakan satu pengorbanan yaitu berqurban sesuai dengan kemampuan kita, semoga qurban ini menjadi bagian dari empati kita kepada saudara-saudara kita yang posisi sekarang ini kegiatan ekonomi tidak berlangsung dengan lancar, banyak saudara-saudara kita yang kesulitan karena ekonominya tertutup, tetapi sedikit demi sedikit pemerintahan daerah dan pusat berupaya melakukan pemulihan ekonomi agar kembali normal seperti biasanya lagi.

” Saya mengajak kepada warga masyarakat Garut mari kita bersama-sama meningkatkan kesadaran sosial dengan memberikan sesuatu yang kita mampu kepada orang yang tidak mampu, semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan perlindungan kepada kita semua” pungkasnya.