Bupati Garut : Kualitas Belajar Harus Terus Diawasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh

5.372 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS ) tingkat Sekolah Dasar ( SD ) dan Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) di mulai hari ini, Senin 19 Juli 2021.

Karena masih dalam kondisi Pandemi Covid 19, maka pelaksanaan MPLS dilaksanakan oleh masing – masing sekolah melalui virtual.

Advertisement

Seperti yang disampaikan Bupati Garut H Rudy Gunawan dalam siaran Persnya melalui video yang dibagikan ke seluruh sekolah di kabupaten Garut, bahwa MPLS tahun ini dilaksanakan melalui virtual di masing – masing sekolah.

” Asalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh, Saya Bupati Garut, tentu hari ini adalah hari yang bahagia bagi anak-anaku yang baru saja dinyatakan Lulus dari SD menuju SLTP , dan juga dari TK menuju SD Kelas satu. Maka ada program yang namanya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS yang mulai dilaksanakan secara serentak dan virtual pada tanggal 19 Juli 2021.

“ Tentu kenapa kita Virtual, karena pandemi semakin hari makin mengganas. Tentu kita sepakat menyelesaikan masalah ini dengan melaksanakan protokol kesehatan. Anak-anak bisa belajar dari rumah, tetapi kualitas belajarnya diawasi dan dilakukan dengan metode yang sudah diatur oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“ Tentu saya mengucapkan selamat kepada anak-anaku yang hari ini akan melakukan masa pengenalan lingkungan sekolah melalui zoom, mengenal para guru, mengenal ruang sekolah.

” Saya minta kepada para kepala sekolah, untuk membuat video keberadaan sekolahnya. Memperkenalkan guru, ruang kelas, perpustakaan dan memperkenalkan juga hal yang berhubungan dengan kegiatan ekstrakulikuler,”

“Saya berharap, dimasa pandemi kita tetap semangat bejalar, kita juga berdo’a dan tetap melaksanakan protokol kesehatan supaya kita terhindar dari pandemi Covid-19,” ucap Bupati Rudy dalam siaran pers melalui videonya.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Garut Totong mengatakan, sambutan Bupati ini adalah dalam rangka dimulainya awal tahun pelajaran baru 2021/2022 dan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Jenjang PAUD/TK, SD dan SMP.

“ Sambutan Pak Bupati ini telah kami sebar luaskan ke seluruh lingkungan satuan pendidikan, para orangtua/wali dan termasuk masyarakat,” ujar Totong, Senin 19 Juli 2021 melalui pesan WhatsApp.

Masih kata Totong, video tersebut diputar serentak hari ini pada acara dimulainya awal Tahun Pelajaran Baru 2021/2022 dan Pembukaan MPLS di masing-masing sekolah.

“ Intinya menyambut tahun pelajaran baru 2021/2022 dan Masa Pengenalan Lingkungan (MPLS) kita semua harus bersabar untuk menunda dulu Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas, karena situasi Pandemi Covid-19 yang belum terkendali,” ucap Totong

Totong menyampaikan berbagai skenario pembelajaran telah disiapkan oleh satuan pendidikan, salah satunya yakni dengan full Pembelajaran Jarak Jauh ( Pjj ), Pembelajaran Dari Rumah ( Pdr ).

“ Kita terus berbenah secara optimis untuk persiapan PTM Terbatas jika situasi dan kondisi Covid-19 sudah terkendali. Ayo tetap semangat dan optimis serta selalu disiplin prokes yang ketat dan tetap menjaga 6 M,” pungkas Totong.