Bupati Garut Menjadi Irup Di HJG ke 208 Kabupaten Garut

3.689 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Upacara Peringatan Hari Jadi Garut ke 208 di gelar di lapangan Alun – alun Oto Iskandar Dinata atau lebih terkenal dengan nama Alun – alun Garut, Selasa 16 Februari 2021, bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Garut H Rudy Gunawan dengan pemimpin upacara camat Samarang Neneng Martiana.

Dalam kesempatan itu Inspektur Upacara H Rudy Gunawan membacakan sambutannya tentang makna HJG ke 208 tahun 2021 sebagai berikut :

Advertisement

BISMILLA HIRRAHMANIRRAHIM, ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.
SALAM SEJAHTERA UNTUK KITA SEMUA

YANG TERHORMAT KOMANDAN KOREM 062 TARUMANAGARA

YANG TERHORMAT PIMPINAN DAN ANGGOTA DPRD KABUPATEN GARUT

YANG TERHORMAT SAUDARA WAKIL BUPATI

YANG TERHORMAT PARA PIMPINAN LEMBAGA PERADILAN, KOMANDAN KODIM 0611/GARUT, PARA KOMANDAN SATUAN DI LINGKUNGAN TENTARA NASIONAL INDONESIA, KEPALA KEJAKSAAN NEGERI, DAN KEPALA KEPOLISIAN RESOR GARUT BESERTA PIMPINAN INSTANSI PEMERINTAH DI WILAYAH KABUPATEN GARUT:

YANG TERHORMAT PARA MANTAN BUPATI DAN MANTAN WAKIL BUPATI GARUT,

YANG SAYA HORMATI SAUDARA SEKRETARIS DAERAH, PARA STAF AHLI, PARA ASISTEN, DAN PARA PIMPINAN SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN GARUT BESERTA PARA CAMAT, LURAH DAN KEPALA DESA,

YANG SAYA HORMATI PARA PEMUKA AGAMA, PEMUKA ADAT, DAN TOKOH MASYARAKAT BAIK PIMPINAN PARTAI POLITIK, PIMPINAN ORGANISASI KEMASYARAKATAN, PIMPINAN ORGANISASI PEREMPUAN, PIMPINAN ORGANISASI SOSIAL, PIMPINAN ORGANISASI KEPEMUDAAN DAN PARA TOKOH MASYARAKAT SE-KABUPATEN GARUT,

HADIRIN, PESERTA UPACARA YANG DIMULIAKAN ALLAH SWT.

SEGALA PUJI BAGI ALLAH, TUHAN SEMESTA ALAM, YANG TELAH — MENGARUNIAKAN KEHIDUPAN PENUH KESEJAHTERAAN, YANG MELIMPAHKAN KENIKMATAN DALAM KETENTRAMAN, DAN MEMBENTANGKAN REZEKI YANG MEMAKMURKAN. MARI TERUS BERSYUKUR KARENA PADA SAAT INI KITA MASIH DIBERIKAN KESEMPATAN UNTUK MEMPERINGATI HARI PENUH SEJARAH, HARI ULANG TAHUN KABUPATEN GARUT KE-208. MARI KITA BERSAMA-SAMA MENGINGAT, MERENUNGI DAN BERDOA AGAR KITA DIBERIKAN KEMAMPUAN DIIRINGI DENGAN KERJA NYATA UNTUK MELANJUTKAN PERJUANGAN PARA PENDAHULU KITA, GUNA MEWUJUDKAN KABUPATEN GARUT YANG TATA TENGTREM KERTARAHARJA.

SHALAWAT DAN SALAM, SEMOGA SENANTIASA TERLIMPAH CURAH KEPADA JUNJUNGAN KITA, NABI BESAR MUHAMMAD SAW, KELUARGA, SERTA PARA SAHABAT, TABI’IN, TABI’IT, TERMASUK KITA SEBAGAI PENGIKUTNYA HINGGA AKHIR JAMAN.

HADIRIN DAN PESERTA UPACARA YANG SAYA HORMATI, SEBAGAIMANA KITA PAHAMI BERSAMA, SAAT INI KITA MASIH DIHADAPKAN PADA SITUASI SULIT, BERUPA UJIAN MEWABAHNYA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASES 19 ATAU COVID-19. DALAM KURUN WAKTU LEBIH KURANG SATU TAHUN, COVID-19 TELAH MENYEBABKAN DUA RATUSAN LEBIH SAUDARA-SAUDARA KITA DI KABUPATEN GARUT MENINGGAL DUNIA, DAN ENAM RIBU LEBIH MASYARAKAT GARUT YANG TERPAPAR. SELAIN ITU, WABAH COVID-19 JUGA TELAH MEMBUAT ANAK-ANAK KITA HARUS BELAJAR DARI RUMAH, SERTA KEBIJAKAN PEMBATASAN SOSIAL YANG TERPAKSA HARUS DIJALANKAN DEMI KEMASLAHATAN BERSAMA, YANG PADA AKHIRNYA BERIMBAS PADA KONDISI PEREKONOMIAN MASYARAKAT.

KONDISI SAAT INI HARUS KITA TERIMA DENGAN PENUH KETAWAKALAN, KARENA KITA YAKIN PASTI ADA HIKMAH DISETIAP UJIAN MAUPUN MUSIBAH YANG KITA HADAPI. KITA HARUS YAKIN, ALLAH AKAN MEMBERIKAN JALAN KELUAR BAGI KITA PADA SETIAP KESULITAN, SEPANJANG KITA MELAKUKAN IKHTIAR YANG DIIRINGI KETAWAKALAN, KEIKHLASAN, DAN KESABARAN DALAM MENGHADAPI UJIAN.

SEGALA KETERBATASAN YANG DIHADAPI SAAT INI, TENTU TIDAK AKAN MENGURANGI SEMANGAT JUANG KITA UNTUK TERUS BEKERJA MELANJUTKAN PEMBANGUNAN, SEBAGAIMANA SEMANGAT JUANG PARA PENDAHULU KITA YANG LEBIH MEMILIKI KETERBATASAN DALAM MEWUJUDKAN EKSISTENSI KABUPATEN GARUT. KEBIJAKAN UTAMA YANG DIJALANKAN OLEH PEMERINTAH DAERAH, YAITU MELAKUKAN AKSELERASI PEMULIHAN EKONOMI, DAN MENGUATKAN KEBUJAKAN YANG MENGARAH PADA PERLINDUNGAN SOSIAL BAGI SELURUH MASYARAKAT. SEHINGGA SELARAS DENGAN ARAH KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH, MAKA TEMA PERINGATAN HARI JADI GARUT KE-208 INI ADALAH ” PERCEPATAN PEMULIHAN EKONOMI MASYARAKAT DAN PERLINDUNGAN SOSIAL “.

” KAMI BERKOMITMEN, UNTUK MENGERAHKAN SELURUH KEMAMPUAN DAN SUMBER DAYA YANG DIMILIKI, UNTUK MENGELIMINIR TIMBULNYA DAMPAK DARI WABAH COVID-19 DENGAN TETAP MENJAGA ARAH KEBIJAKAN PEMBANGUNAN DAERAH YANG TELAH DICANANGKAN DALAM RPJMD 2019 – 2024. DALAM PANDANGAN KAMI, SANGATLAH PENTING UNTUK MENJAGA ARAH KEBIJAKAN PEMBANGUNAN DAERAH, KARENA KITA TIDAK BOLEH BERHENTI UNTUK BERIKHTIAR DEMI MENJAMIN KEBERLANGSUNGAN DAN KEBERLANJUTAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN, — DAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK, DEMI MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. OLEH KARENA ITU, KAMI AKAN TERUS MELAKUKAN LANGKAH-LANGKAH YANG DIPANDANG STRATEGIS, UNTUK MELANJUTKAN PROSES PELAKSANAAN PROGRAM-PROGRAM PEMERINTAH DAERAH AGAR MAMPU MENDORONG PEMULIHAN EKONOMI MASYARAKAT DENGAN TETAP MEMPERHATIKAN PROTOKOL KESEHATAN “.

HADIRIN DAN PESERTA UPACARA YANG SAYA HORMATI, KETIKA KITA DIHADAPKAN PADA SITUASI SULIT SEPERTI SAAT INI, SELURUH KOMPONEN MASYARAKAT WAJIB UNTUK BERGERAK BERSAMA DAN BAHU MEMBAHU, BEKERJA SECARA CERDAS UNTUK MENGGALI POTENSI YANG DAPAT DIKEMBANGKAN SERTA MEMANFAATKAN SETIAP SUMBER DAYA YANG DIMILIKI. MOMENTUM SAAT INI, DITENGAH SITUASI PANDEMI YANG DIHADAPI, MENJADI TANTANGAN BUAT KITA UNTUK MEWUJUDKAN NILAI-NILAI KEJUANGAN, YANG DILANDASI JIWA DAN SEMANGAT GOTONG ROYONG, RELA BERKORBAN, KESETIAKAWANAN SOSIAL, DAN KECINTAAN KEPADA — KABUPATEN GARUT. DALAM HUBUNGANNYA DENGAN HAL ITU, PEMERINTAH DAERAH BERHARAP KEPADA SELURUH MASYARAKAT UNTUK DAPAT MEMAHAMI SECARA BIJAK LANGKAH-LANGKAH — YANG DITETAPKAN OLEH PEMERINTAH MAUPUN PEMERINTAH DAERAH, TERUTAMA TERKAIT PELAKSANAAN PROTOKOL KESEHATAN YANG HARUS KITA JALANKAN DENGAN PENUH KESADARAN DAN KEDISIPLINAN,
KEPATUHAN KITA DALAM MENJALANKAN PROTOKOL KESEHATAN SECARA KONSISTEN PADA SITUASI PANDEMI SAAT INI, MENJADI SALAH SATU KUNCI KEBERHASILAN IKHTIAR KITA UNTUK KELUAR DARI SITUASI SULIT. BUKAN HANYA MENJALANKAN GERAKAN MEMAKAI MASKER, MENJAGA JARAK DAN MENCUCI TANGAN YANG SELAMA INI TELAH DIKAMPANYEKAN KEPADA MASYARAKAT.

KITA JUGA HARUS MELAKUKAN GERAKAN UNTUK MENJAGA, YAITU MENJAGA DIRI KITA, KELUARGA KITA, DAN ORANG-ORANG DISEKITAR KITA AGAR TIDAK TERPAPAR COVID-19. TERMASUK, MENJAGA JIWA SOSIAL DENGAN MEMBANTU SAUDARA ATAU TETANGGA KITA YANG MENGALAMI KESULITAN PADA SITUASI PANDEMI.

HADIRIN DAN PESERTA UPACARA YANG SAYA HORMATI, MELALUI KESEMPATAN UPACARA PERINGATAN HARI JADI GARUT SAAT INI, ATAS NAMA PEMERINTAH DAERAH SAYA INGIN MENYAMPAIKAN PENGHORMATAN, RASA TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN SETINGGI-TINGGINYA KEPADA :
PERTAMA, SELURUH TENAGA MEDIS DAN NON MEDIS DISELURUH INSTITUSI LAYANAN KESEHATAN, BAIK MILIK PEMERINTAH MAUPUN SWASTA, YANG TELAH BEKERJA SIANG DAN MALAM, MENGORBANKAN SELURUH WAKTU, TENAGA SERTA PIKIRAN UNTUK MENJAMIN PERLINDUNGAN KESEHATAN KEPADA MASYARAKAT, DAN MEMBERIKAN PELAYANAN SECARA OPTIMAL DALAM MENANGANI SITUASI PANDEMI COVID-19.

RASA SIMPATI DAN DUKA CITA MENDALAM JUGA SAYA SAMPAIKAN KEPADA ORANG TUA, SUAMI/ISTRI BESERTA PUTRA PUTRI DARI PARA TENAGA MEDIS DAN NON MEDIS YANG TELAH KEHILANGAN ANGGOTA KELUARGANYA, KARENA MENJALANKAN TUGAS MULIA DALAM MENCEGAH SERTA
MENGATASI PENYEBARAN COVID-19 DI KABUPATEN GARUT.

” INSYA ALLAH, SELURUH TENAGA MEDIS DAN NON MEDIS YANG BERPULANG DALAM MENJALANKAN TUGAS KEMANUSIAAN TERMASUK GOLONGAN ORANG-ORANG YANG MENINGGAL SECARA SYAHID, YANG DIJAMIN BERADA DI SURGA ALLAH SWT. AAMIIN YAA RABBAL ‘ALAMIIN “.

KEDUA, RASA TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN YANG TINGGI JUGA SAYA SAMPAIKAN KEPADA JAJARAN FORUM KOMUNIKASI PIMPINAN DAERAH, BAIK DARI UNSUR TNI, KEPOLISIAN, DAN KEJAKSAAN YANG SECARA SINERGIS TURUT BERPERAN SERTA DALAM UPAYA PENEGAKAN PROTOKOL KESEHATAN DI KABUPATEN GARUT. BAHKAN KARENA RESIKO MENJALANKAN TUGAS NEGARA, DARI JAJARAN TNI, KEPOLISIAN, MAUPUN KEJAKSAAN TURUT TERPAPAR COVID19.

” SEMOGA, SELURUH KEBAIKAN YANG TELAH DILAKUKAN DICATAT SEBAGAI BAGIAN DARI AMALIAH KEPADA ALLAH SWT “.

KETIGA, KEPADA PIMPINAN DAN ANGGOTA DPRD KABUPATEN GARUT, YANG TELAH MENUNJUKAN KEPEDULIAN TINGGI ATAS PENYELENGGARAAN PROTOKOL KESEHATAN DI KABUPATEN GARUT KHUSUSNYA, DAN PENYELENGGARAAN TUGAS-TUGAS PEMERINTAHAN, KAMI MENYAMPAIKAN PENGHARGAAN YANG SETINGGI-TINGGINYA. PEMIKIRAN KONSTRUKTIF SELURUH ANGGOTA DEWAN YANG TERHORMAT, MENJADI BAGIAN PENTING DALAM PENYUSUNAN ARAH KEBIJAKAN YANG DILAKSANAKAN OLEH PEMERINTAH DAERAH DIMASA PANDEMI INI.

KEEMPAT, KEPADA JAJARAN BIROKRASI PEMERINTAH DAERAH, TERMASUK JAJARAN PEMERINTAH DESA BESERTA PARA PENGURUS RT DAN RW, YANG TETAP MENJALANKAN TUGAS MELAYANI MASYARAKAT, KAMI PUN MENYAMPAIKAN RASA TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN YANG TINGGI.

PESAN KHUSUS SAYA KEPADA SELURUH JAJARAN BIROKRASI PEMERINTAH DAERAH DAN PEMERINTAH DESA, TETAPLAH JAGA KOMITMEN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, DAN TETAP JALANKAN TUGAS DENGAN SEOPTIMAL MUNGKIN.

SELANJUTNYA, RASA TERIMA KASIH JUGA SAYA SAMPAIKAN KEPADA PARA ALIM ULAMA, PIMPINAN PONDOK PESANTREN, MAUPUN PARA TOKOH AGAMA LAINNYA, TOKOH MASYARAKAT, KALANGAN PENGUSAHA, PIMPINAN BUMN/BUMD, PARA PIMPINAN PERGURUAN TINGGI, BESERTA KALANGAN PERS YANG SELAMA INI TELAH BERPERAN BESAR DALAM MENDORONG PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAERAH DI KABUPATEN GARUT. SELAKU KEPALA DAERAH SAYA BERHARAP, KIRANYA SELURUH PIHAK TERUS MENGEMBANGKAN KERJA SAMA, TERUTAMA DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN MASYARAKAT UNTUK MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN, DAN MEMBERIKAN PEMAHAMAN UNTUK TETAP MENJAGA KEBERSAMAAN DALAM SITUASI SULIT SEPERTI SAAT INI.

HADIRIN DAN PESERTA UPACARA YANG SAYA HORMATI,

SEBELUM MENGAKHIRI SAMBUTAN INI, SECARA TERBUKA DAN DENGAN SEGALA KERENDAHAN HATI, SAYA INGIN MENYAMPAIKAN PERMOHONAN MAAF KEPADA MASYARAKAT, JIKA PADA SITUASI PANDEMI INI BANYAK
KEKURANGAN, ATAU BAHKAN TIDAK OPTIMAL DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN ATAU MELAKSANAKAN PERLINDUNGAN YANG MEMADAI. SAYA MEMAHAMI, BESARNYA HARAPAN MASYARAKAT ATAS KEMAMPUAN PEMERINTAH DAERAH — UNTUK MEMBERIKAN PELAYANAN SERTA PERLINDUNGAN DENGAN BAIK.

SAYA DAN WAKIL BUPATI BERSAMA SELURUH JAJARAN PEMERINTAH DAERAH, TERUS BERUPAYA MELAKUKAN YANG TERBAIK BAGI KEPENTINGAN MASYARAKAT. HAL ITULAH YANG MELANDASI SAYA BERSAMA SAUDARA BERSAMA WAKIL BUPATI UNTUK TERJUN SECARA LANGSUNG, MEMANTAU KONDISI MASYARAKAT, GUNA MEMASTIKAN SELURUH LANGKAH KEBIJAKAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN PROGRAM DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT DISITUASI PANDEMI DAPAT BERJALAN SEBAGAIMANA MESTINYA. TIADA KESEMPURNAAN YANG KAMI MILIKI, TAPI KAMI SENANTIASA BERUPAYA MELAKUKAN YANG TERBAIK DALAM MENGEMBAN DAN MENJALANKAN AMANAH.

DEMIKIAN YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN. “DIRGAHAYU KABUPATEN GARUT KE-208” SEMOGA RAHMAT DAN RIDHO ALLAH SUBHANNAHU WA TA’ALA, SENANTIASA MENYERTAI USAHA KITA UNTUK MENJALANKAN SELURUH IKHTIAR, SEHINGGA KITA MAMPU KELUAR DARI SITUASI SULIT DAN SEGERA MEMBEBASKAN KITA DARI PANDEMI COVID-19. AAMIIN YAA RABBAL ‘ALAMIIN.

SEKIAN. ATAS PERHATIANNYA, SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH.

BILLAHITTAUFIO WAL HIDA YAH, WASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.

BUPATI GARUT

H. RUDY GUNAWAN, SH, MH, MP

Dalam kesempatan ini pula, Pemkab Kabupaten Garut memberikan penghargaan kepada pejuang kesehatan dan Almarhum Perawat yang meninggal dunia akibat Covid 19, yang secara simbolis diberikan kepada perwakilan Dokter Johnson Manurung, perwakilan perawat Nonoh Kusniati, Dini Nurazijah, perwakilan Puskesmas H Eddy Kusmayadi, dan perwakilan Alm Sofyan Ambari.