Bupati : Jadikan Momentum Idul Adha Untuk Memperkuat Ukhuwah

1.020 dibaca
Bupati Sumedang saat menyerahkan hewan qurban minggu, 11 Agustus 2019.

BUANAINDONESIA.CO.ID, SUMEDANG – Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengimbau agar Hari Raya Idul Adha 1440 H menjadi momentum untuk memperkuat ukhuwah (persaudaraan) sebagai modal dasar membangun daerah.


Hal tersebut disampaikan Bupati sesaat sebelum dimulainya Shalat Idul Adha 1440 H di Masjid Agung Sumedang, Minggu 11 Agustus 2019.

Peringatan Hari Raya Idul Adha diharapkan mampu membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya nilai berkurban demi terjaganya rasa persaudaraan khususnya warga masyarakat Sumedang.

“Selain bentuk ketaqwaan, ibadah qurban juga dimaknai sebagai media bagi kaum muslimin untuk kesejahteraan umat,” katanya.

Dikatakan Bupati, peristiwa besar yang terjadi pada Nabi Ibrohim A.S dan puteranya Nabi Ismail A.S memberikan gambaran sekaligus pelajaran tentang hakikat berkurban sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan sesama manusia.

“Secara hakikat, ibadah kurban merupakan syi’ar Islam yang dimaknai untuk menyembelih kerakusan dan sifat tercela lainnya pada diri manusia,” tuturnya.

Ia mengharapkan melalui penyembelihan hewan kurban dapat dijadikan sebagai sarana perbaikan sikap mental dan moral masyarakat agar selalu meningkatkan kepekaan solidaritas antar sesama.

“Perintah menyembelih hewan kurban akan selalu relevan dan berlaku sepanjang zaman. Berkorban hendaknya dapat dijadikan sarana yang simultan mengantarkan kita pada perbaikan sikap mental dan moral serta,” kata Bupati.

Di akhir sambutannya, Bupati juga mengajak hadirin untuk mendo’akan para jemaah haji yang sedang melaksanakan ibadah haji agar tetap sehat dan kembali ke Sumedang dengan predikat haji mabrur.

Usai pelaksanaan Shalat Ied, diserahkan secara simbolis hewan kurban dari Bupati Sumedang kepada Panitia kurban DKM Masjid Agung Sumedang.

Pemerintah Kabupaten Sumedang juga melalui MUI Kabupaten Sumedang pada Idul Adha tahun ini menyalurkan
sebanyak 10 ekor sapi dan 60 ekor domba untuk dibagikan kepada warga di tiap kecamatan se-Kabupaten Sumedang.