Ikut perangi sampah plastik, Panitia Qurban di Muarasanding gunakan Besek untuk Distribusi Daging Qurban

4.199 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Sebagai wujud nyata dalam memerangi sampah plastik, yang saat ini juga tengah di kampanyekan oleh Pemerintah Kabupaten Garut, untuk itu DKM Mesjid Jami Amaliah Kp. Burung Bao Kelurahan Muarasanding Kecamatan Garut Kota membagikan daging qurban dalam Idul Adha1440 Hijriah /2019 dengan mengunakan kemasan besek, tidak dengan kantong plastik kresek.

Seperti pantauan Buana Indonesia dilapangan, saat proses pelaksanaan dalam kegiatan qurban kali ini nampak beda dengan tahun sebelumnya, pasalnya sudah tidak terlihat lagi kantong plastik/kresek dan yang terlihat adalah tumpukan besek yang akan digunakan untuk tempat daging qurban yang didalamnya dilapisi daun pisang.

Advertisement

Ketua Panitia Pelaksana Qurban di Mesjid Jami Amaliah Ricky Rizki Darajat mengatakan, Qurban tahun ini kita mengganti kemasan kantong plastik (kresek) yang sebelumnya kita gunakan dan kita menggantinya dengan wadah yang lebih ramah lingkungan yaitu dengan 1.000 buah besek yang dilapisi daun pisang didalmnya”, Hal tersebut dikatan Ricky, saat ditemui disela kegiatan penyembelihan qurban, Minggu 11 Agustus 2018.

Masih dikatakan Ricky, penggunaan besek ini adalah sebagai wujud dukungan kami kepada Pemerintah Kabupaten Garut dalam ikut memerangi atau mengurangi penggunaan sampah plastik, yang sudah di himbau oleh Pemerintah Kabupaten Garut dalam hal ini disampaikan oleh disampaikan oleh Wakil Bupati Garut dr. H. Helmi Budiman beberapa waktu yang lalu.

” Kita sukseskan program Pemerintah Kabupaten Garut dalam memerangi sampah plastik bahwa dianjurkan untuk tempat daging Qurban kita tidak lagi gunakan kantong plastik/kresek, tapi kita gunakan besek yang didalamnya dilapisi daun pisang”, sebut Ricky yang juga adalah Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Kehumasan Dinas Komunikasi dan Informatika.

” Tentunya dengan besek akan lebih sehat dan lebih ramah lingkungan, sehingga mulai tahun ini kita gunakan besek untuk tempat daging Qurban yang akan kita bagikan untuk fakir miskin, kaum duafa dan masyarkat pada umumnya”, pungkas Ricky.

Untuk Tahun ini Mesjid Jami Amaliah Burung Bao Kelurahan Muarasanding Kecamatan Garut Kota menyembelih 5 ekor Sapi dengan rincian 4 sapi dari masyarakat sekitar mesjid dan 1 sapi adalah titipan dari keluarga Bapak Indra Rukmana dan Ibu Siti Hardianti Suharto / Mba Tutut yang telah mewakafkan Mesjid tersebut kepada masyarakat RW 05 dan RW 06 Kelurahan Muarasanding.