Catat Tanggal Pilkades Susulan Desa Cibodas, Ini Jadwalnya

28.900 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Sempat di tunda karena diberhentikannya Panitia Pemilihan Kepala Desa ( PPKD ) desa Cibodas kecamatan Cikajang oleh Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) saat Pilkades Serentak 2021 minggu lalu, Pemerintah Daerah memastikan Pilkades untuk desa Cibodas secepatnya akan dilaksanakan.

” Kemungkinan Pilkades susulan untuk desa Cibodas akan dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2021″ kata Bupati Garut H Rudy Gunawan, Senin 14 Juni 2021.

Advertisement

Disampaikan Bupati Rudy Gunawan, penentuan pelaksanaan Pilkades susulan desa Cibodas merupakan hasil rapat koordinasi dan konsultasi dengan Pimpinan DPRD Garut dan Komisi 1 DPRD.

” Dalam hasil rapat kordinasi dan konsultasi tersebut disepakati bahwa Pilkades Cibodas dilaksanakan bulan Juli 2021, supaya bisa dilantik serentak pada tanggal 29 Juli 2021 nanti” ungkap Rudy.

Bupati Rudy Gunawan berharap, warga masyarakat desa Cibodas tetap tenang, Pemkab Garut dan DPRD tentunya akan bergerak cepat demi terciptanya situasi kondusif di Cibodas.

” Tanpa dimintapun Pemkab dan DPRD pasti akan melakukan tindakan yang akan membuat situasi desa Cibodas kondusif, Semua harus ada dasar hukumnya, Alhamdulillah saat ini telah dikeluarkan Perbup perubahan No 30 tahun 2021 tentang Pilkades, Insya Allah Pilkades di desa Cibodas akan berjalan lancar karena BPD desa Cibodas juga sangat responsif dan netral tidak ada keberpihakan terhadap calon tertentu” harapnya.

Dari keterangan Sekertaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( DPMD ) kabupaten Garut Rena Sudrajat, dalam regulasinya untuk pelaksanaan Pilkades susulan di desa Cibodas, akan melalui tahapan – tahapan yang sama.

” Ya, tahapan – tahapannya sama, pembentukan panitia PPKD oleh BPD, pendaftaran, melaksanakan seleksi test apabila calon lebih dari 5, penentuan no urut, kampanye dan pencoblosan sampai penentuan pemenang kepala desa” terang Rena Sudrajat.