FL2MI Deklarasikan Pemilu Damai

10.971 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID BANDUNG. Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI) Jawa Barat menggelar musyawarah wilayah, dan dihadiri oleh mahasiswa yang terdiri dari 17 kampus se Jawa Barat. Acara ini digelar di Aula Fakultas Hukum, Universitas Galuh, Sabtu, 10 Februari 2018.

Sebelumnya, acara tersebut dibuka dengan Workshop Pemilu Damai dengan tema “Mengawal Proses Pemilu yang Bersih dan Aman”. Dalam forum tersebut, moderator Yona Vista Viana, menanyakan peran mahasiswa dalam proses Pilkada serentak 2018.

Uce Kurniawan selaku Ketua Panwaslu Ciamis, menjawab mahasiswa harus bersama-sama terlibat aktif mengawal proses pemilu sesuai perannya sebagai agen perubahan dan kontrol terhadap sosial yang sedang dan akan berlangsung.

Lanjut Uce, selaras dengan hal tersebut dalam proses Pemilu, Pawaslu hanya menjalankan peraturan undang-undangan nomor 22 tahun 2007, yaitu mengontor dan mengawasi proses pemilu sehingga proses pemilu sesuai dengan azas yang berlaku.

Selain itu Uce meminta kepada mahasiswa agar bersama-sama ikut mengawal proses pemilu, sehingga pemilu berjalan bersih, tertib, aman dan damai.

Dari waktu yang sama, Acep Jamaludin selaku Ketua Legislatif UIN Bandung, menambahkan kegiatan ini bagaimana mahasiswa legislatif bisa turun langsung kepada masyarakat. Membantu masyarakat Jawa Barat khususnya, menjadi masyarakat yang madani dalam kegiatan pemilu aman dan damai.

Setelah Forum ini selesai, Mahasiswa dengan tegas mendeklarasikan Pemilu Damai.

“Kami, forum lembaga legislatif mahasiswa Indonesia wilayah Jawa Barat, berkomitmen untuk mewujudkan Pilkada Jawa Barat yang aman dan damai,” tutur para hadirin beserta panitia dengan serentak.

Editor: NA