Guna Mendongkrak PADes, Desa Cinunuk Rencanakan Pembangunan Destinasi Wisata Selokan

6.307 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID – GARUT – Dalam tatanan pemerintahan tingkat bawah yakni Desa, sesuai dengan visi misi Gubernur Jawa Barat one pileg one campeny, yang pada dasarnya Desa digunakan dan diarahkan untuk menggali potensi yang ada diwilayahnya, sehingga di dalamnya ada pemberdayaan masyarakat agar bisa menambah Pendapatan Asli Desa (PADes).

Salah satunya yakni Desa Cinunuk Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut, akan merencanakan atau merekayasa pembangunan selokan yang nantinnya bisa menjadi destinasi wisata lokal.

Advertisement

Kepala Desa Cinunuk Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut, Ade Hermawan, diruang kerjanya Selasa (01 Oktober 2019) mengatakan, sesuai hasil diklat di Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) selama tiga hari di Klaten Solo, ada salah satu Desa, yakni Desa Ponggok Desa nomor 1 di Indonesia yang bisa mandiri yang PADes nya 4,5 miliar per 1 tahun lebih dari dana Desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat.

” Dengan hasil diklat tersebut, intinya Desa agar bisa lebih mandiri dengan menggali potensi-potensi yang ada di wilayahnya, sehingga di dalamnya ada pemberdayaan masyarakat terhadap Pendapatan Asli Desa (PADes)”, imbuhnya.

Maka dari itu, lanjut Kades, dengan potensi yang sudah ada, di antaranya wisata religius dan seni budaya, pihaknya juga akan merekayasa selokan yang direncanakan akan dibikin arena bermain air anak-anak, pemancingan, sampai spot untuk selfie yang pengelolaan nantinya bisa bekerjasama dengan BUMDes guna mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PADes).

” Untuk sementara ini, Desa baru sampai tahapan koordinasi dengan Dinas PUPR Kabupaten untuk menganalisa dampak positif dan negatifnya, dan juga akan berkoordinasi dengan Dinas terkait lainya yakni Dinas Pariwisata dan bila perlu dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS)”, tuturnya.