Ini Perintah Bupati Kepada BPBD Pasca Gempa Tadi Pagi

8.534 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Pasca gempa yang melanda kabupaten Garut tadi pagi , Senin 6 Januari 2020 pukul 6.15, Bupati Garut mengintruksikan Kepala BPBD untuk mengecek kondisi saat ini di Garut Bagian Selatan.

” Saya intruksikan kepala BPBD untuk segera ke Garut bagian Selatan untuk mengecek kondisi di sana” kata Bupati Garut usai memimpin upacara apel pagi di lapangan Setda Garut.

Advertisement

Masih kata Rudy Gunawan,
Gempa 5,1 SR, Bupati Garut : Akan Adanya Pengecekan

Gempa Mag:5.1 SR yang berlokasi di 8.15 LS,107.34 BT 120 KM Barat Daya Kabupaten Garut JABAR dengan Kedalaman 10 KM. Bupati Garut belum ada laporan terkait hal itu.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, Pemkab Garut sudah siap siaga apabila terjadi adanya bencana di Garut, melalui Quick Respon Pemkab Garut telah menyiapkan team tanggap darurat yang akan merespon paling lambat 3 jam dengan jangkauan lokasi 140 Km.

” Kita punya team siaga bencana yang disiapkan, misalkan ada kejadian dengan jarak tempuh 140 Km, team siaga bencana akan tiba 3 jam ke titik lokasi” terangnya.

Disampaikan Rudy, dengan Rencana Tata Ruang Wilayah ( RTRW ) yang ada saat ini, Garut merupakan daerah mitigasi bencana, bahkan BMKG Nasional telah menyatakan kewaspadaannya akan terjadinya gempa besar yang disebut Mega Thrust.

” Pemkab Garut akan siap siaga full untuk mengantisipasi bencana yang akan terjadi dengan kesiapan team yang ada, tapi kita terus berdoa supaya Garut dijauhkan dari bencana” Pintanya.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Firman Karyadin membenarkan adanya gempa tersebut. “ Ya, tadi.terjadi gempa ada di Barat daya selatan tepatnya Samudra Hindia yang di prediksi 5,1 SR dan 5,0 SR,” terangnya.

Disampaikan Firman,hingga saat ini pihaknya belum menerima adanya laporan kerusakan, dirinya menghimbau kepada warga masyarakat jika ada yang rumahnya terkena riskan atau retakan.

” Gempa tersebut belum ada indikasi susulan tapi tetap pihaknya akan menginformasikan dengan kondisi seperti tadi, harus siaga dan waspada” pungkasnya.