Irna Harapkan Kepala Desa Memahami Wawasan Kebangsaan

7.280 dibaca
Bupati Irna Narulita pada acara Fasilitasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan, Selasa, 20 Maret 2018 (BUANA INDONESIA NETWORK/Benny Madsira )

BUANAINDONESIA.CO.ID, PANDEGLANG  – Wawasan kebangsaan sangat penting dimiliki oleh setiap personal apalagi seorang kepala desa yang menjadi pemimpin di desa yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Menurut Bupati Irna Narulita, berbicara wawasan kebangsaan sudah pasti menyangkut Pancasila, Undang – Undang Dasar 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, namun yang sangat sulit untuk mengaplikasikan dalam kehidupan dilingkungan kerja atau di kehidupan bermasyarakat.

Advertisement

“Hal ini harus kita terapkan, dalam kehidupan kita berbangsa dan bernegara, selain bekal keagamaan yang harus kita kuatkan juga itu wawasan kebangsaan, karena merupakan cita – cita bangsa Indonesia” kata Bupati Irna Narulita pada acara Fasilitasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan, Selasa, 20 Maret 2018.

Irna berharap, para Kepala Desa dapat menjadi pemimpin yang multi dimensi. Memeperkokoh keagamaan dan harus juga menguatkan wawasan kebangsaan, Dimana kata Irna, pemimpin yang mau turun tangan tidak hanya unjuk tangan kepada pegawai dibawahnya, adalah seorang pemimpin yang bijak.

Hal ini sesuai Undang – undang nomor 3 tahun 1945, Pemen 71 tahun 2012 tentang pedoman pendidikan wawasan kebangsaan, Perda no. 34 2014, dan Perbup no. 24 tahun 2017. “Tujuannya agar mampu membangun dan meningkatkan kesatuan dan kesatuan dilingkungan kerja masing-masing.

“Kita harus dapat menjadi pemimpin yang memberikan solusi untuk menyelesaikan sebuah permasalahan yang terjadi dimasyarakat atau dilingkungan kerja kita, mejadi pemimpin yang bijak dalam mengambil keputusan bersipat adil dalam menyelesaikan permasalahan yang ada, dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat, wawasan kebangsan sangat penting bagi semua dan di terapkan dalam kehidupan” harapnya.

Menurut Irna,  persatuan dan kesatuan harus terus dijaga antara sesama, karena di zaman now (zaman sekarang) ini musuh yang terberat adalah sodara sendiri, terutama yang paling berat adalah mengahadapi diri sendiri, mengendalikan hawa napsu yang tiada berkesudahaan, apalagi menjadi seorang pemimpin adalah pablik pigur, yang harus benar hati hati dalam melangkah, tindak tanduk seorang pemimpin akan menjadi cerminan bagi masyarakat,” maka saya sebagai Kepala Daerah sebagai orang tua dari para Kepala Desa di pandeglang memgharapkan agar mereka (kades) dapat memahami dan menerapkan dalam kepemimpinan di Desanya, wawasan lebangsaan, yang di dalamnya banyak menjaga keutuhan NKRI”

“Benar apa yang dikatakan Bapak Proklamasi Ir. Soekarno, untuk itu jaga persatuan dan kesatuan untuk keutuhan NKRI,” papar Irna.